Profesor Kardiologi Olahraga: Dia Mati Meskipun Beberapa Menit, Eriksen Kemungkinan Tak Bisa Main Bola Lagi

ACEHSATU.COM – Profesor di bidang kardiologi, Sanjay Sharma mengatakan kemungkinan gelandang Denmark, Christian Eriksen tidak bisa bermain bola lagi usai sempat pingsan di Euro 2020 (Euro 2021).

Eriksen tiba-tiba terjatuh di lapangan tanpa terjadi benturan dengan pemain lawan pada laga Denmark vs Wales di Stadion Parken, Kopenhagen, Sabtu (12/6) malam waktu Indonesia. Eriksen sempat pingsan sesaat tetapi kemudian bisa kembali sadar berkat pertolongan tim medis.

Momen saat Christian Eriksen mendadak kolaps. Foto: Getty Images/Martin Meissner – Pool

Sanjay yang pernah bekerja sama dengan Eriksen di Tottenham Hotspur turut menganalisa peristiwa nahas yang menimpa Eriksen. Profesor Kardiologi Olahraga di Universitas St George’s itu senang mendengar kabar Eriksen sudah sadarkan diri saat berada di rumah sakit.

Namun, Sanjay melihat insiden yang dialami Eriksen kemungkinan akan turut mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional. Hal ini dikarenakan aturan yang ketat bagi setiap pesepak bola profesional untuk bisa terus bermain di lapangan hijau.

s Andreas Christensen and teammates react as Christian Eriksen receives medical attention after collapsing during the match Pool via REUTERS/Friedemann Vogel” title=”Denmark vs Finlandia” />Para pemain Denmark terpukul saat Christian Eriksen mendadak pingsan di laga melawan Finlandia. (Pool via REUTERS/FRIEDEMANN VOGEL)

“Saya tidak tahu apakah dia akan bermain sepak bola lagi. Tanpa bermaksud terlalu blak-blakan, dia [Eriksen] mati meskipun hanya beberapa menit. Tetapi dia mati dan akankah profesional di bidang medis mengizinkannya mati lagi. Jawabannya adalah tidak,” ucap Sharma seperti dilansir The World Game.

Meski demikian, Sanjay mengungkapkan keputusan apakah Eriksen akan terus bermain bola atau tidak bakal bergantung pada pemain berusia 29 itu dan klub tempatnya bermain. Eriksen saat ini masih berstatus pemain Inter Milan.

“Kabar baiknya dia tetap hidup, tetapi kabar buruknya dia akan segera mengakhiri kariernya. Jadi apakah dia akan bermain lagi? Saya tidak bisa mengatakannya,” kata Sanjay.

“Di Inggris dia tidak akan bermain. Kami akan sangat ketat mengenai hal itu,” ia melanjutkan.

Eriksen adalah pemain penting di skuad Denmark pada Euro (Euro 2021). Eriksen memperkuat timnas Denmark mulai dari level U-17 dan kini sudah mengoleksi 109 caps dan mencetak 36 gol bersama tim Dinamit. (*)