Prof Syahrizal Abbas: Puasa Ramadhan untuk Kemuliaan Manusia

“Puasa Ramadhan untuk Kemuliaan Manusia”, Prof. Syahrizal Abbas

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Ibadah puasa memiliki nilai yang sangat tinggi disisi Allah dibanding dengan ibadah-ibadah lainnya. Karena puasa merupakan ibadah yang diperuntukkan hanya kepada Allah.

Dalam sebuah riwayat dikatakan, Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.

Riwayat ini menunjukkan bahwa setiap amalan manusia adalah untuknya. Sedangkan amalan puasa, Allah khususkan untuk diri-Nya. Allah menyandarkan amalan tersebut untuk-Nya.

Demikian dikatakan oleh Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA (Guru Besar UIN Ar-Raniry) saat beliau memberikan Tausiyah Agama dihadapan jamaah shalat tarawih di masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat, Rabu (06/05/2020).

Oleh karena puasa ramadhan itu merupakan ibadah yang sangat istimewa maka setiap muslim yang beriman kepada Allah dan Rasul NYA harus menjalan puasa dengan sungguh-sungguh.

Hal itu ditegaskan pula oleh Ketua Bidang Khatib dan Pengajian BKM Babul Maghfirah Ustadz Muhammad Qusay dalam ceramah subuhnya kemarin, (Selasa, 05/05/2020).

“Berpuasa butuh kesungguhan dalam menjalannya agar tujuan yang diharapkan tercapai yaitu ketakwaan,” ucap Qusay.

Lantas Prof Syahrizal menambahkan sebagaimana perintah Allah Swt yang difirmankan dalam Alquran Surat Al-Baqarah 183 tentang puasa yaitu bertujuan untuk melahirkan orang-orang yang bertakwa.

“Nilai-nilai takwa itulah yang membuat manusia memiliki kemuliaan disisi Allah Swt. Makanya puasa ramadhan ini adalah cara Allah untuk memuliakan manusia dan agar mereka dekat di sisi Nya.” tutup Prof. Syahrizal.(*)