Prabowo Subianto dan Sri Mulyani Kian ‘Mesra’

Prabowo Subianto dan Sri Mulyani kian 'mesra' sejak sama-sama berada di Kabinet Indonesia Maju. Keakraban Prabowo dan Sri Mulyani terlihat saat membantu menggeser kursi Menteri Keuangan itu.
Prabowo Subianto dan Sri Mulyani Kian 'Mesra'
Prabowo Subianto dan Sri Mulyani kian 'mesra' sejak sama-sama berada di Kabinet Indonesia Maju. Keakraban Prabowo dan Sri Mulyani terlihat saat membantu menggeser kursi Menteri Keuangan itu.

ACEHSATU.COM | Jakarta – Prabowo Subianto dan Sri Mulyani kian ‘mesra’ sejak sama-sama berada di Kabinet Indonesia Maju. Keakraban Prabowo dan Sri Mulyani terlihat saat membantu menggeser kursi Menteri Keuangan itu.

Peristiwa itu terjadi saat Prabowo selaku Menteri Pertahanan dan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menghadiri rapat kerja di Komisi I DPR RI, Kamis (27/1/2022). Video menjadi sorotan masyarakat.

Diketahui, sebelum kemesraan itu Prabowo Subianto kerap mengkritik kebijakan Sri Mulyani. Saat itu Prabowo Capres pada Pilpres 2019, Prabowo menyebut Sri Mulyani ‘Menteri Pencetak Utang’.

Ketika itu, Prabowo tengah menyoroti utang pemerintah yang terus menumpuk. Dalam pernyataannya, Prabowo ingin sebutan Menteri Keuangan diganti jadi Menteri Pencetak Utang.

“Kalau menurut saya, jangan disebut lagilah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain,” ujar Prabowo dalam acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (25/1/2019).

Prabowo kala itu menyebut kondisi bangsa, andai diibaratkan penyakit, sudah stadium lanjut. Lagi-lagi Prabowo menyoroti utang.

Menjawab kritik Prabowo, Sri Mulyani menuliskan puisi yang diunggah di akun Instagram-nya @smindrawati. Lewat puisinya itu, Sri Mulyani seolah ingin menjelaskan kepada Prabowo apa saja yang telah dikerjakan oleh pemerintah, yang menurut Prabowo banyak utang.

Sejumlah capaian pemerintah itu antara lain pembangunan infrastruktur seperti jalan hingga gedung sekolah.

Kembali ke momen keakraban Sri Mulyani dan Prabowo di ruang rapat Komisi I DPR, Prabowo menjadi sorotan karena menggeser kursi Sri Mulyadi terjadi dalam rapat bersama Komisi I DPR beberapa waktu lalu. Momen itu terekam dan viral di media sosial.

Salah satu yang memposting video keakraban itu adalah Jubir Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dalam video yang diunggah Dahnil, terlihat Prabowo hendak berjalan menuju kursi yang harus ditempatinya di rapat Komisi I DPR. Sri Mulyani sudah berdiri di posisi duduknya.

Prabowo yang lewat di belakang Sri Mulyani tampak memberi isyarat agar Menkeu duduk saja dan sejurus kemudian dia membantu mendorong kursi dan membantu Sri Mulyani duduk dalam posisi sempurna.

“Momen ketika Pak @prabowo membantu menggeser kursi agar duduk Menteri Keuangan @smindrawati sempurna ini agaknya bagi saya ‘Gentleman Manner’ seorang Prabowo Subianto,” kata Dahnil dalam unggahannya.

Sikap Prabowo Disebut Keren
Juru bicara Partai Gerindra Habiburokhman menyebut Prabowo Subianto keren. Dia mengatakan Prabowo sosok yang lekat dengan sopan santun.

“Memang keren Pak Prabowo, kalau soal sopan santun nggak ada yang ngalahin,” kata Habiburokhman, Jumat (28/1/2022).

Habiburokhman menyebut Prabowo hampir selalu menunjukkan kesopanannya dalam berperilaku sehari-hari. Habiburokhman menyebut Prabowo punya kebiasaan memberi posisi duduk terhormat untuk tamu-tamu yang senior dan dihormatinya.

“Bukan hanya di acara kenegaraan tetapi juga dalam interaksi sehari-hari dengan siapapun. Jadi kejadian di DPR kemarin bukan dibuat-buat, memang begitulah attitude beliau,” katanya.

“Kalau rapat di DPP yang tua-tua seperti Pak Permadi, almarhumah Bu Rahcmawati dll, beliau posisikan duduk di depan. Itulah beliau,” kata anggota Komisi III DPR itu.

Momen Keakraban Lainnya
Setelah duduk bersama di Kabinet Indonesia Maju, hubungan Prabowo dan Sri Mulyani makin akrab. Ini momen-momennya.

  • Pengenalan Menteri

Pada Rabu (23/10/2019), para menteri Jokowi yang hendak diperkenalkan kemudian dilantik terlihat sangat akrab hingga tertawa bersama. Prabowo Subianto dan Sri Mulyani terlihat mengobrol dengan para menteri lainnya seperti Menteri KKP Edhy Prabowo dan Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

  • Rapat Terbatas

Kekompakan keduanya berlanjut dalam rapat terbatas di Istana Presiden, Kamis (31/10/2019). Jajaran menteri mengikuti ratas di ruang rapat Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Prabowo terlihat menyalami menteri-menteri yang hadir.

Prabowo mengatakan tentunya sesama menteri harus akrab. Apalagi Sri Mulyani Menteri Keuangan.

“Ya harus akrab, Menteri Keuangan, ha-ha-ha…,” kata Prabowo usai rapat di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).