Edukasi

PPMG Wilayah IV Laksanakan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMA/SMK dan MA Asal Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang

Para peserta keseluruhan dari asal sekolah SMA/SMK maupun MA adalah sejumlah 90 orang.

Foto | Muhrain

ACEHSATU.COM | LANGSA – Dilaksanakan di Aula Gedung PPMG Wilayah IV Dinas Pendidikan Aceh, Kota Langsa, kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMA/SMK dan MA tiga wilayah dibuka langsung oleh Abdul Jaban M Pd  selaku Kepala UPTD PPMG Wilayah IV Dinas Pendidikan Aceh, Senin (27/11/2017).

Kegiatan diklat ini pertama kalinya yang ditujukan untuk peningkatan kompetensi para kepala sekolah SMA, SMK maupun MA, sedangkan selama ini yang kerap menempuh pendidikan diklat peningkatan kompetensi adalah dari kalangan guru.

Pembukaan diklat berlangsung sejak pukul 08:15 WIB s.d. 09:35 WIB, dalam kesempatan tersebut, Abdul Jaban menyampaikan prestasi pendidikan Aceh di tingkat nasional berada pada rangking 24 setelah sebelumnya di urutan 30 nasional.

“Melalui berbagai kebijakan, Dinas Pendidikan Aceh berupaya maksimal untuk naikkan rangking hasil Uji Kompetensi Guru Nasional (UKGN) Pendidikan Aceh dari yang sudah dicapai sekarang pada posisi 24 nasional, target kita ke depan adalah 10 besar,” ungkapnya optimis.

Tanggung jawab peningkatan kompetensi guru ada pada lembaga PPMG, karenanya perbaikan mutu guru serta antisipasi persoalan yang bisa saja muncul akibat guru ikut pelatihan secara bersama diatasi.

PPMG di seluruh Aceh terdapat di 9 (Sembilan) wilayah. Untuk Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur maupun Kabupaten Aceh Tamiang menjadi tanggung jawab PPMG Wilayah IV yang gedungnya berada di Langsa.

Sasaran kegiatan untuk penguatan Kepala Sekolah dengan output tanpa NUKS. Menghadirkan widyaswara Nasional maupun lokal antaranya; Imran S KOM MT asal dari Gowa Sulawesi Selatan, Ir Sri Rini Dwiari MSi juga dari Gowa Sulawesi Selatan serta dari Aceh yakni Dr Burhanuddin Yasin.

Proses belajar mengajar dalam diklat tersebut dilaksanakan selama  7 (tujuh) hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 27 November 2017 s.d. 3 Desember 2017.

Khusus peserta diklat dari Kota Langsa sejumlah 19 orang tidak diinapkan, sedangkan peserta yang berasal dari Kabupaten Aceh Timur sejumlah 40 orang serta Kabupaten Aceh Tamiang sejumlah 31 orang diinapkan di Hotel Harmoni Langsa.

Para peserta keseluruhan dari asal sekolah SMA/SMK maupun MA adalah sejumlah 90 orang.

Peserta diklat dari tingkatan SMA Negeri/Swasta juga Madrasah Aliyah Negeri/Swasta sejumlah 74. Sedangkan peserta diklat dari tingkatan SMK tiga wilayah tersebut sejumlah 16 SMK Negeri/Swasta. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top