Pospol di Aceh Barat Ditembaki Pakai AK-47

Pos polisi di Desa Manggi, Polsek Panton Reue, Aceh Barat, Aceh, ditembaki orang tak dikenal (OTK).
Pospol di Aceh Barat Ditembaki
Dinding pos polisi yang rusak diduga terkena tembakan di kawasan Desa Manggi, Kecamatan Panton Reue, Aceh Barat (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Pos polisi di Desa Manggi, Polsek Panton Reue, Aceh Barat, Aceh, ditembaki orang tak dikenal (OTK).

Dilaporkan tak ada anggota kepolisian yang menjadi korban akibat peristiwa tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada petugas yang menjadi korban,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda seperti dilansir Antara, Jumat (29/10/2021).

Peristiwa penembakan itu terjadi pada Kamis (28/10/2021) dini hari, sekitar pukul 03.15 WIB.

AKBP Arga mengatakan pelaku diperkirakan memakai dua senjata api (senpi) saat memberondong pos polisi itu.

Berdasarkan barang bukti selongsong peluru yang ditemukan petugas di sekitar lokasi kejadian, lanjutnya, senjata api yang diduga digunakan pelaku senapan serbu AK-47 dan SS1 atau M-16.

“Tapi untuk kepastiannya harus dilakukan uji laboratorium,” kata dia.

Polres Aceh Barat dibantu personel Polda Aceh menyelidiki kasus ini. Mereka juga sudah mengumpulkan sejumlah barang bukti di lokasi dan sejauh ini masih menyelidiki hal itu termasuk mengejar pelaku.

Puluhan Selongsong 2 Jenis Kaliber Ditemukan

Polisi menemukan puluhan selongsong peluru di lokasi penembakan Pos Polisi Panton Reu. Polisi belum dapat memastikan jumlah tembakan yang dilepaskan pelaku.

"Kalau jumlah tembakan, kita tidak tahu," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy saat, Jumat (29/10).

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menemukan 16 selongsong peluru kaliber 7,26 milimeter serta 22 selongsong peluru kaliber 5,56 milimeter. Selain itu, polisi menemukan enam proyektil peluru.

"Proyektil yang kita temukan satu buah di dalam tembok samping Pospol, satu buah di depan pintu masuk Pospol, dan satu buah di ruangan dalam Pospol," jelas Winardy.

5 Orang Diamankan

Dia menyebut polisi telah mengamankan lima orang yang diduga terkait penembakan tersebut. Kelimanya masih menjalani pemeriksaan.

"Tadi pagi kita sudah mengamankan lima orang. Mereka warga Aceh Barat," beber Winardy.

Winardy mengatakan polisi masih mendalami keterlibatan lima orang tersebut dalam insiden penembakan Pos Polisi. Selain itu, polisi masih menyelidiki motif penembakan tersebut. (*)