‘Positif COVID-19 Sebelum Tes’ Viral, Ternyata Bumame Belum Terdaftar di ILKI

‘Positif COVID-19 Sebelum Tes’ Viral, Ternyata Bumame Belum Terdaftar di ILKI.
berita viral hasil keluar sebelum tes pcr
Viral hasil tes positif COVID-19 keluar sebelum diswab PCR maupun antigen, di Bumame Farmasi. | Foto ilustrasi: Andhika Prasetia via detik.com

ACEHSATU.COM | JAKARTA – ‘Positif COVID-19 Sebelum Tes’ Viral, Ternyata Bumame Belum Terdaftar di ILKI.

Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI) DKI Jakarta Ampi Retnowardani buka suara soal viral seorang wanita menerima hasil positif COVID-19 padahal belum melakukan tes swab PCR maupun antigen.

ILKI sebenarnya rutin memberikan pembinaan pada seluruh laboratorium untuk melakukan pemeriksaan sesuai dengan kriteria Good Laboratory Practice (GLP).

“Dengan menerapkan GLP secara konsisten, kesalahan dapat dihindari atau diminimalkan,” terangnya kepada detikcom Jumat (4/2/2022).

Sayangnya, Bumame Farmasi hingga kini belum terdaftar sebagai anggota ILKI DKI, sehingga pembinaan atau konsultasi secara khusus tidak diberikan.

Tidak hanya Bumame Farmasi, Ampi mengakui banyak laboratorium baru yang belakangan muncul, belum terdaftar sebagai anggota ILKI.

“Kami mengimbau lab tersebut bergabung supaya bersama-sama bisa saling belajar untuk memberikan layanan pemeriksaan laboratorium profesional dan bermutu,” sambung Ampi.

Meski begitu, sebenarnya kewenangan untuk pengawasan masing-masing laboratorium ditegaskan Ampi, berada di Kementerian Kesehatan RI atau Dinas Kesehatan masing-masing wilayah.

ILKI dalam hal ini, hanya membantu membina setiap laboratorium konsisten menjalani SOP dan rutin melakukan audit internal, serta perhatian kepada setiap SDM di pelayanan kesehatan.

“Namun bila diperlukan, ILKI siap dilibatkan dalam proses pengawasan,” pungkas Ampi.

Seorang Wanita Protes Bumame Terkait Hasil Tes COVID-19

Dalam cuplikan video viral ini, seorang wanita terheran mengapa hasil tes COVID-19 dirinya sudah keluar, padahal dirinya belum melakukan tes apapun, baik PCR maupun swab antigen.

Diberitakan sebelumnya, viral video Seorang Wanita Protes Bumame Farmasi Terkait Hasil Tes COVID-19, Positif Sebelum Tes PCR. Dalam cuplikan video viral ini, seorang wanita terheran mengapa hasil tes COVID-19 dirinya sudah keluar, padahal dirinya belum melakukan tes apapun, baik PCR maupun swab antigen.

“Saya dikirimin hasil antigen dan PCR sementara saya belum datang. Ini kan aneh sekali, saya belum datang tapi sudah ada hasilnya. Apalagi hasilnya sudah positif,” kata seorang perempuan dalam video viral yang belakangan diketahui bernama Zakiah.

Karenanya, wanita itu meminta penjelasan lebih lanjut ke petugas Bumame SCBD. Direktur Utama Bumame Farmasi James Wihardja akhirnya buka suara, menyampaikan permohonan maaf dalam pesan berantai WhatsApp yang ramai beredar, dilampirkan dengan surat resmi.

Saat dikonfirmasi, ia membenarkan permohonan maaf yang tersebar tersebut. “Iya benar dari kami,” tutur James kepada detikcom Kamis (3/2/2022).(*)