PON 2024, Aceh Targetkan Masuk 10 Besar

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh menargetkan masuk 10 besar peraih medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI 2024 mendatang.
Pemerintah Aceh Ajukan Anggaran Pembangunan Arena PON Rp3,5 Triliun
Dokumentasi - Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki menandatangani surat keputusan penetapan lokasi pembangunan arena PON 2024 di Banda Aceh (HO-Humas Pemerintah Aceh)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh menargetkan masuk 10 besar peraih medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI 2024 mendatang.

“Kita targetkan bisa masuk 10 besar, atau mungkin lima besar pada PON 2024 nanti,” kata Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar, di Banda Aceh, Jumat.

Pria yang akrab disapa Abu Razak ini meyakini, target tersebut bukan sebuah hal mustahil mengingat prestasi olahraga Aceh yang semakin hari semakin baik. Hal itu terlihat saat PON Papua 2021 lalu, di mana Aceh bisa melampaui Sumatera Utara.

Untuk meraih target tersebut, kata Abu Razak, paling kecil Aceh harus mendapatkan satu medali emas dari setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Ada 66 cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON Aceh-Sumut, kalau dapat satu medali setiap cabang, maka kita bisa dapat 66 emas,” ujarnya.

Namun, lanjut Kamaruddin, pihaknya akan terus berupaya mendapatkan lebih medali emas, dengan harapan besar bisa masuk lima besar. Artinya semua cabang olahraga mendapatkan lebih dari satu medali emas.

Abu Razak menambahkan, KONI Aceh sendiri masih mempunyai kesempatan menjaring atlet baru dari pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) yang segera berlangsung pada Desember 2022 ini.

“Pelaksanaan PORA ini juga sebagai ajang seleksi untuk PON, yang menang nanti akan kita latih kembali,” demikian Abu Razak. (*)