Polwan Cantik Polresta Banda Aceh Ini Jadi Pasukan Perdamaian PBB di Afrika

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Briptu Yuni Lestari, SH boleh berbangga diri. Pasalnya, polwan berparas cantik ini mendapat tugas khusus sebagai pasukan perdamaian PBB ke Afrika Tengah.

Mengutip keterangan Humas Polresta Banda Aceh, Briptu Yunu bakal bergabung bersama Misi United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (MINUSCA).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melepas keberangkatan salah satu personel terbaiknya itu.

Sebagai informasi, Briptu Yuni Lestari lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 16 Juni 1995. Kemudian pada 2014 ia memilih bergabung sebagai anggota Polri pada Pusdik SPN Lido Polda Metro Jaya asal pengiriman Polda Sumatera Selatan.

Setelah menyelesaikan pendidikan, Yuni sah menyandang pangkat Bripda menempati tugas perdana nya di Polda Aceh dengan penempatan pada Polresta Banda Aceh sejak awal Januari 2015.

Selama di Polresta Banda Aceh, dia ditugaskan di Unit Ranmor Sat Reskrim.

“(Yuni) selama berdinas berkelakuan baik dan rajin. Yuni juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif dan bahasa Perancis pasif, karena ianya pernah mengikuti pelatihan di Instituts Francais Indonesia (IFI) Jakarta Selatan,” sebut Kombes Trisno.

Menurut Kapolresta, kemampuan yang dimiliki Yuni sangat berguna dalam tugasnya bersama misi perdamaian di luar negeri,.

“Saya berharap Briptu Yuni Lestari dapat bertugas disana dengan baik dan membawa serta menjaga nama baik Polda Aceh khususnya Polresta Banda Aceh saat bertugas di Afrika Tengah nantinya,” sambung Trisno.

Selama bertugas di Afrika Tengah, Briptu Yuni Lestari ditunjuk sebagai pasukan taktis  yang nantinya akan bergabung bersama polisi lainnya serta Pasukan PBB selama 12 Bulan.

Sebelum pelepasan, kata Kombes Trisno, yang nantinya akan dilakukan di Mabes Polri, Yuni terlebih dahulu akan menjalani karantina di Jakarta hingga akhirnya terbang ke Afrika Tengah dalam tahun 2020 ini.

Briptu Yuni sendiri mengucapkan terima kasih atas arahan dan bimbingan Kapolresta Banda Aceh terhadap dirinya yang akan bertugas ke luar negeri.

Yuni juga menjelaskan peserta dari Polda Aceeh yang mengikuti seleksi misi tersebut berjumlah 15 personel. Sementara total seluruh Indonesia mencapai 1500 personel.

Dari jumlah tersebut, hanya 155 personel yang akan memasuki pra operasi atau dikarantina. Sebanyak 140 personel akan diberangkatkan pada tahap I, sementara sisanya 15 personel akan menyusul di tahap II. (*)