Polres Tamiang Buka 15 Gerai, 1000 Lebih Warga Divaksin

Polres Aceh Tamiang membentuk tim percepatan vaksin yang masing-masing ditugaskan melakukan sosialisasi manfaat vaksin untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid guna membentuk imunitas kelompok sehingga warga di kampung yang telah selesai divaksin kebal akan serangan virus covid ini.
vaksin covid
Gencarkan vaksinasi, Polres Aceh Tamiang membuka 14 gerai vaksin dengan jumlah warga yang divaksin capai 1000 orang lebih. Senin (6/12/2021) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM  [ACEH TAMIANG – Untuk mensukseskan program vaksinasi massal nasional, Polres Aceh Tamiang membuka 15 gerai vaksin disejumlah kecamatan, hasilnya 1.108 warga ikut vaksinasi covid jenis sinovac.  

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali SIK melalui Kasubah Humas, Iptu Untung Sumarsono  kepada acehsatu.com, Selasa (7/12/2021) mengatakan, jajaran Polres Aceh Tamiang setiap hari gencar melakukan vaksinasi di  Kabupaten Aceh Tamiang dengan membuka sejumlah gerai vaksin di sejumlah Kampung.

“Kemarin, Senin (6/12/2021) kita buka 14 gerai vaksin dan warga antusias melakukan vaksinasi covid,” ujar Untung.

vaksin covid
Gencarkan vaksinasi, Polres Aceh Tamiang membuka 14 gerai vaksin dengan jumlah warga yang divaksin capai 1000 orang lebih. Senin (6/12/2021) acehsatu.com/ist

Polsek yang membuka gerai vaksin tersebut diantaranya, Polsek Kualasimpang membuka gerai vaksin di Kampung Bukit Tempurong, kemudian Polsek Karang Baru di Kampung Tanjung Karang, Polsek Simpang Kiri dengan sasaran warga lanjut usia (Lansia) dan remaja warga Kampung Tenggulun, Polsek Bendahara di Kampung Seunebok Aceh dan beberapa polsek lainnya yang juga menggelar gerai vaksin.

Dalam mempercepat vaksinasi ini lanjut Iptu Untung ini, Polres Aceh Tamiang membentuk tim percepatan vaksin yang masing-masing ditugaskan melakukan sosialisasi manfaat vaksin untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid guna membentuk imunitas kelompok sehingga warga di kampung yang telah selesai divaksin kebal akan serangan virus covid ini.

Selanjutnya, tim yang bertugas melakukan pendataan warga yang belum divaksin bekerjasama dengan Datok Penghulu (Kades) baru langkah selanjutnya tim melakukan pembukaan gerai vaksin agar warga yang belum divaksin dapat dengan mudah melakukan vaksinasi covid.

“Gerai vaksin yang dibuka pihaknya diusahakan mudah terjangkau warga yang akan divaksin,” jelas Untung lagi.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya tambha Untung berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan setempat dengan menerjunkan 93 petugas vaksinator termasuk didalamnya tenaga kesehatan Polres Aceh Tamiang .

vaksin covid
Gencarkan vaksinasi, Polres Aceh Tamiang membuka 14 gerai vaksin dengan jumlah warga yang divaksin capai 1000 orang lebih. Senin (6/12/2021) acehsatu.com/ist

Lanjut, Kasubag Humas ini,  seperti biasa sebelum warga divaksin terlebih dahulu mereka melakukan beberapa tahapan, mulai registrasi, screaning apakah yang bersangkutan mempunyai penyakit bawaan atau tidak sehingga layak divaksin.

“Jika semuanya tahapan tersebut aman baru warga tersebut disuntik vaksin , ini dilakukan agar tidak ada permasalahan dikemudian hari,” jelas Untung dan menambahkan, setelah disuntik warga juga diminta tidak pulang hingga 30 menit sampai satu jam guna melihat reaksi yang terjadi pasca disuntik namun Alahamdulillah, tidak ada kendala, warga pulang dengan sehat seperti sedia kala.

Diakhir kegiatan vaksin tersebut, petugas juga menghimbau warga,meski sudah disuntik vaksin agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan sering memakai masker saat berada di luar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan sanitizer , dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta membatasi bepergian keluar daerah jika tidak ada keperluan mendesak,” demikian Kasubah Humas Polres Aceh Tamiang, Iptu Untung Sumarsono (*)