Polres Aceh Timur Gagalkan Penyelundupan Narkotika Jaringan Internasional, 45 Kg Sabu dan 5 Tersangka Diamankan

Polres Aceh Timur Gagalkan Penyelundupan Narkotika Jaringan Internasional, 45 Kg Sabu dan 5 Tersangka Diamankan

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR —  Polres Aceh Timur, Jum’at (17/4/202.) sekira pukul 03.00 Wib berhasil menggagalkan penyelundupan dan peredaran narkotika jenis sabu di wilayah kerjanya.

Alhasil, sebanyak 45 Kg sabu terkemas dalam bungkusan teh china merk Guanyiwang dan 5 (Lima) tersangka diduga pelaku, diamankan petugas.

Kelima tersangka itu adalah nelayan asal Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur yaitu , KS (28), BS (32), AJN (45), JN (23) dan TJ (23).

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, SIK,MH pada wartawan mengatakan, penyeludupan dan peredaran 45 Kg narkotika jenis sabu itu berhasil digagalkan pihaknya dikawasan tambak, Gampong Naleung Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (17/4/2020) sekira pukul 03.00 Wib.

Disampaikannya,  pengungkapan itu bermula anggota opsnal Satresnarkoba Polres Aceh Timur mendapatkan informasi dari warga, bahwasanya akan ada transaksi narkoba jenis sabu jaringan internasional.

“Mendapat informasi berharga itu, selanjutnya petugas melakukan penyelidikan dengan membentuk 2 (Dua) Tim,  dimana Tim pertama memantau di laut dan tim kedua di darat

Lalu, tim pertama dipimpin Kasatres Narkoba Polres Aceh Timur langsung menuju ke laut menggunakan boat untuk menghadang transaksi narkotika,” kata Kapolres.

Ketika sampai di laut, sambungnya, petugas mendapatkan informasi bahwah narkotika dimaskud sudah sampai di darat.

Kemudian personil  bergabung kembali di darat guna melakukan penggerebekan yang telah diketahui tempatnya.

Selanjutnya, petugas melakukan penggerebekan salah satu pondok dekat pertambakan di Gampong Naleung, Kecamatan Julok.

Dari lokasi kata Kapolres, petugas berhasil mengamankan pelaku KS, yang membawa satu karung berwarna putih yang di dalamnya berisikan 25 bungkusan berwarna kuning emas yang diduga narkotika jenis sabu.

“Setelah KS diamankan petugas melakukan introgasi, dan diperoleh keterangan bahwasanya ada satu karung lagi yang disimpan oleh pelaku lainnya yaitu BS,” ujarnya.

Menindaklanjuti keterangan KS itu, petugas menuju ke tempat BS, dari lokasi petugas juga berhasil mengamankan satu karung berwarna putih dimana didalamnya juga berisikan 20 bungkusan berwarna kuning emas, diduga bungkusan itu berisikan narkotika jenis sabu yang disimpan di belakang rumahnya.

Selain KS dan BS, petugas juga berhasil mengamankan, AJ, TJ dan JN, yang turut serta mengetahui dan membantu membawa narkotika diduga jenis sabu dari laut ke darat.

Saat ini personil gabungan yang terdiri dari anggota opsnal Satintelkam, Satreskrim dan Satresnarkoba Polres Aceh Timur masih melakukan pengembangan, terang Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H. (*)