Politeknik Kutaraja Terima Mahasiswa Baru Jalur Beasiswa KIP Kuliah 2020, Begini Cara Daftar KIP Kuliah PTS

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Tahun Ajaran baru 2020/2021 penerimaan mahasiswa Politeknik Kutaraja buka jalur beasiswa khusus Program Indonesia Pintar (PIP).

Sebagaimana diketahui PIP merupakan salah satu program unggulan yang digagas pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), visi SDM unggul.

Program Indonesia Pintar atau kebih dikenal dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah diperuntukkan bagi siswa yang sudah lulus SMA/sederajat dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi namun terkendala dengan keterbatasan ekonomi.

Karena itu pemerintah meluncurkan program tersebut agar calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tapi berprestasi sehingga dapat menikmati layanan pendidikan tinggi.

Sebelumnya program ini bernama Bidikmisi, tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Dalam program bidikmisi siswa (calon penerima) didaftarkan oleh pihak sekolah ke sistem yang sudah disiapkan Kemdikbud, sedangkan dalam program KIP Kuliah, siswa dapat melakukan pendaftaran secara mandiri.

Lulusan SMA/sederajat yang berminat masuk di Politeknik Kutaraja melalui jalur beasiswa KIP Kuliah, pendaftaran telah dibuka secara online sejak 10 Juni 2020 dan berakhir hingga 23 Juli 2020.

Plt. Direktur Politeknik Kutaraja Desy Puspita, SP MM mengatakan terdapat sebanyak 68 kuota yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa untuk memilih salah satu dari empat program studi yang ada di Politeknik Kutaraja.

Desy Menambahkan siswa atau calon mahasiswa tidak perlu kuatir karena semua program studi yang ada telah terakreditasi oleh BAN PT.

“Bisa di cek ke BAN PT semua prodi telah terakreditasi” ujar Desy Puspita kepada ACEHSATU.COM, Kamis, (11/06/2020).

Langkah-langkah Mendaftar KIP Kuliah untuk Masuk PTS

  1. Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ kemudian klik daftar/masuk.
  2. Jika Anda sudah memiliki akun, silakan log in. Tetapi jika belum, silakan klik daftar.
  3. Selanjutnya, silakan mengisi form seperti tangkapan layar di bawah ini. Ingat, isi dengan teliti dan cermat.
  4. Jika sudah mengisi form di atas, masukkan nomor pendaftaran dan kode akses. Nomor pendaftaran dan kode akses tersebut didapatkan di email yang telah Anda daftarkan. Silakan cek email. Isi formnya, kemudian klik masuk.
  5. Pastikan nama Anda telah terdaftar dalam Data Tepadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Jika setelah meng-klik ‘CEK STATUS PADA DTKS’ tetapi tidak ada nama Anda di dalamnya, silakan mengurusnya terlebih dahulu ke Dinas Sosial dsetempat. Namun jika sudah terdaftar, silakan melanjutkan mengisi form berikutnya.
  6. Langkah berikutnya terdapat 7 kategori yang harus diisi dan lengkapi berkasnya. Diantaranya biodata, keadaan ekonomi, kondisi rumah, kondisi aset, prestasi serta rencana yang akan dilakukan.
  7. Jika sudah mengisi seluruh isian dalam form yang telah disediakan, jangan lupa mengecek status kelengkapannya. Jangan sampai ada silangnya seperti di bawah ini. Ingat, semuanya harus centang.