oleh

Politeknik Kutaraja dan PT Pegadaian Syariah Banda Aceh Jalin Kerja Sama Vokasi

-BERITA, Edukasi, Indeks-210 views

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mendorong perguruan tinggi untuk memperluas kerja sama dengan dunia usaha dan indusri.

Dunia usaha dan industri menjadi salah satu mitra strategis yang sangat penting dalam mengembangkan pendidikan berbasis vokasi seperti Politeknik Kutaraja.

Vokasi merupakan kegiatan pendidikan akademik dan pelatihan yang terintegrasi dalam kurikulum atau dikenal dengan KKN dan SKKNI.

Belajar praktikum dan latihan kerja dalam bentuk kegiatan magang adalah ciri khas utama pendidikan vokasi.

Oleh karena itu Politeknik Kutaraja melakukan kerja sama dengan PT Pegadaian Syariah Banda Aceh guna meningkatkan proses vokasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki skil dan siap bekerja di mana pun.

Prosesi kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah bersama yang dilakukan kedua pihak di kantor PT Pegadaian Syariah Banda Aceh kawasan Blang Padang, Kamis, (10/06/2020).

Kerja sama kedua lembaga tersebut meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, magang, kegiatan sosial masyarakat dan termasuk penelitian.

Plt. Direktur Desy Puspita, SP MM ikut mendampingi Kepala Bagian Kerja Sama Politeknik Kutaraja Mirnawati, SE MM, Ketua Program Administrasi Perkantoran Zahriatul Aini, SE MM kepada ACEHSATU.COM mengatakan saat ini sedang memperluas kerja sama dengan perusahaan-perusahaan dan industri baik di Aceh maupun luar Aceh guna mendukung kegiatan vokasi bagi mahasiswa.

“Alhamdulillah kami berterima kasih kepada pimpinan PT Pegadaian Syariah Banda Aceh yang sudah menyahuti tawaran kerja sama ini. Semoga perusahaan jasa keuangan yang sudah cukup lama beroperasi ini mendapatkan manfaat lebih besar dari Politeknik Kutaraja”, ujar Desy Puspita.

Sementara itu Deputi Bisnis/Vice President PT Pegadaian Syariah Banda Aceh Ferry Heriawan didampingi Marketing Executive Hurul Maqsura mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama ini dan mengharapkan agar bisa menjadi mitra kerja yang saling menguntungkan terutama bagi mahasiswa.

Lebih lanjut dia menambahkan agar mahasiswa memiliki keberanian berbicara depan umum (public speaking) dan berjiwa entrepreneur. Pihak kampus dapat melatih mereka melalui challenge pada kegiatan-kegiatan perkuliahan di kampus.

“Mahasiswa dilatih aja keberanian, ada entrepreneur nya, gitukan… Misalnya waktu saya pernah ngajar itu ada mata kuliah presentasi bisnis, bagus tuh mereka di challenge suruh buat kegiatan seolah jadi EO walaupun di ruang kelas tuh dihias seakan acaranya di hotel…” kata Ferry.

PT Pegadaian Syariah merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa keuangan. Perusahaan ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Aceh bahkan Indonesia karena produk-produknya yang memiliki keunggulan untuk memenuhi kebutuhan pasar. (*)

Komentar

Indeks Berita