Polisi Segera Gelar Perkara Kerumunan di Lhokseumawe, Setelah Pemeriksaan Herlin Kenza

Selebgram Herlin Kenza telah menjalani pemeriksaan terkait kerumunan saat mempromosikan toko grosir di Lhokseumawe, Aceh. Herlin diperiksa sekitar 7 jam.
Selebgram Herlin Kenza
Foto: Selebgram Herlin Kenza (Dok.pribadi/Instagram @herlinkenza)

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE – Selebgram Herlin Kenza telah menjalani pemeriksaan terkait kerumunan saat mempromosikan toko grosir di Lhokseumawe, Aceh. Herlin diperiksa sekitar 7 jam.

“Yang bersangkutan telah hadir untuk diperiksa,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy saat dimintai konfirmasi, Jumat (23/7/2021).

Herlin diperiksa di Polres Lhokseumawe dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB, Kamis (22/7). Winardy enggan menjelaskan detail materi pemeriksaan.

“Hanya terkait seputar peristiwa yang menimbulkan kerumunan tersebut,” jelas Winardy.

Dia menyebut polisi telah memeriksa sembilan orang, termasuk pemilik toko, ahli dari Satgas Penanganan COVID-19, Dinas Kesehatan, hingga Herlin Kenza. Polisi bakal melakukan gelar perkara kasus kerumunan yang diduga melanggar aturan pencegahan penyebaran virus Corona ini.

“Kita akan gelar perkara dulu untuk menetapkan tersangkanya. Segera jika konstruksi hukumnya sudah kuat dan alat bukti sudah mencukupi,” ujar Winardy.

Selain itu, toko yang dipromosikan Herlin Kenza masih diizinkan beroperasi. Winardy menjelaskan tim Satgas COVID-19 telah mengedukasi pemilik toko soal pembatasan jam operasional serta kapasitas pengunjung.

“Untuk kasusnya tetap berproses sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sebelumnya, video kerumunan warga menyambut kedatangan Herlin di Aceh viral di media sosial. Polisi dan Satpol PP tengah menyelidiki kasus tersebut.

Dilihat, Senin (19/7), video itu awalnya sempat diunggah di Instagram dan Tiktok selebgram tersebut, namun telah dihapus. Kini video itu beredar di sejumlah akun lain.

Dalam video itu, tampak warga menunggu selebgram wanita itu di depan toko. Video awalnya direkam dari dalam mobil yang ditumpangi selebgram tersebut. Setelah itu, selebgram itu turun didampingi sejumlah orang seolah seperti ajudan.

Selebgram Herlin Kenza
Foto: Selebgram Herlin Kenza (Dok.pribadi/Instagram @herlinkenza)

Sejumlah aparat tampak menghalau warga yang berkerumun. Masyarakat di sana merekam kedatangan selebgram itu dengan gawai mereka. Video kerumunan disebut terjadi di kawasan Pasar Inpres, Kota Lhokseumawe.

Kasubbag Humas Polres Lhokseumawe Salman Alfarisi mengatakan kerumunan itu diduga terjadi pada Jumat (16/7). Selebgram itu disebut datang ke lokasi untuk mempromosikan salah satu toko di sana.

Herlin Kenza Akui Salah

Herlin Kenza sudah buka suara soal peristiwa viral itu. Dia mengaku salah telah menimbulkan kerumunan karena kehadirannya dalam acara promosi toko di Lhokseumawe, Aceh.

Namun Herlin Kenza mengaku kedatangannya ke toko tersebut hanya menjalankan pekerjaan.

“Aku tahu aku salah. Tapi di sini aku hanya menjalankan pekerjaan aku. Aku diundang dengan pengamanan superketat. Aku juga kaget kok bisa padat banget,” kata Herlin Kenza dalam akun Instagram-nya seperti dilihat detikcom, Rabu (21/7).

Herlin Kenza mengaku kejadian itu di luar dugaannya. Dia menyebut kejadian itu sebagai cobaan dan teguran. Selain itu, dia menuding ada pihak yang tidak suka kepada dirinya, sehingga melaporkan kejadian itu ke polisi.

Kasus ini berbuntut panjang. Polisi telah memeriksa pemilik toko yang mengundang Herlin Kenza hingga oknum polisi yang mengawal kedatangan Herlin Kenza. (*)