Polisi Buru Orang Tua Pembuang Bayi di Kantin Sekolah

Bayi laki-laki yang ditemukan di kantin madrasah ibtidaiyah swasta di Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, diserahkan ke Dinas Sosial.
Penemuan bayi
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Axiara)

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Bayi laki-laki yang ditemukan di kantin madrasah ibtidaiyah swasta di Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, diserahkan ke Dinas Sosial. Polisi masih memburu tua bayi tersebut.

“Bayinya sudah kita serahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur agar bisa dirawat,” kata Kasi Humas Polres Aceh Timur AKP Agusman Said Nasution kepada wartawan, Kamis (17/2/2022).

Agusman mengatakan polisi menyelidiki orang tua bayi tersebut dengan menggandeng bidan desa. Personel Bhabinkamtibmas juga dikerahkan untuk melacak warga sekitar.

“Kita akan bekerjasama dengan kepala desa dan bidan desa untuk mendata ibu yang baru melahirkan di daerah sekitar,” ujar Agusman.

Bayi tersebut ditemukan seorang siswa berinisial LF, Rabu (16/2/2022) pagi. Ketika hendak memasuki gerbang sekolah, LF mendengar suara tangisan bayi sehingga mencari sumber suara.

“Ternyata suara itu berasal dari kantin yang berada di samping pintu gerbang sekolah. Saksi melihat bayi yang dibungkus kain sarung diletakkan di atas tanah, tepatnya di bawah meja kantin tersebut,” kata Kapolsek Ranto Peureulak Iptu Eko Suhendro kepada wartawan.

LF disebut melaporkan temuan itu kepada seorang warga yang melintas. Bayi itu kemudian diletakkan ke atas meja. Informasi penemuan bayi tersebut dengan cepat tersebar sehingga membuat heboh desa itu.

Tak lama berselang, pihak kepolisian datang ke lokasi untuk mengevakuasi bayi ke puskesmas setempat. Berdasarkan hasil pemeriksaan, bayi tersebut memiliki tinggi 50 sentimeter dan berat 3 kilogram.

“Kondisi bayi sehat, namun terdapat bintik-bintik merah di seputar perut yang diduga gigitan semut,” jelas Eko. (*)