Polda Aceh Ungkap Penipuan Lelang iPhone, Pelakunya Remaja Tanggung Diciduk di Langsa

Dalam pengungkapan tersebut, petugas mengamankan seorang pemuda berinisial MAP (17 tahun) di kota Langsa yang diduga berperan sebagai pelaku penipuan.
ILUSTRASI PENIPUAN
ILUSTRASI - Penipuan lelang iPhone. | Foto: NET

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Aceh mengungkap kasus penipuan berkedok lelang iPhone dan aksesoris murah melalui media sosial Instagram.

Dalam pengungkapan tersebut, petugas mengamankan seorang pemuda berinisial MAP (17 tahun) di kota Langsa yang diduga berperan sebagai pelaku penipuan.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Aceh Kombes Pol Ade Harianto dalam keterangannya mengatakan, pengungkapan kasus itu bermula dari informasi para korban tentang adanya penipuan melalui akun [email protected]

BACA JUGA: Warga Di Langsa Curi Burung, Beli Sabu-sabu

Akun tersebut sengaja menawarkan lelang HP merek iPhone beserta aksesoris murah.

Dalam aksinya, pelaku secara aktif mengirimkan pesan dari akunnya kepada para target serta menyatakan kalau korban memenangkan lelang.

Lalu, pelaku meminta para korban mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang berbeda-beda.

Korban Penipuan

pelaku penipuan lelang iPhone Langsa
Terduga pelaku penipuan dengan modus lelang iPhone dan aksesoris murah, saat diamankan petugas kepolisian di Aceh. | Foto: NET

Hingga saat ini korban kejahatan MAP yang terdeteksi berjumlah 20 orang yang merupakan warga asal luar Aceh, dengan total kerugian mencapai Rp75 juta.

Menurut Ade, pelaku juga diketahui sangat paham dengan IT, karena pernah bekerja di sebuah counter game online.

“Pelaku sebelumnya pernah bekerja di counter game online. Jadi, dia paham IT,” terang Dirreskrimum Polda Aceh Kombes Pol Ade Harianto, Jumat (21/1/2022).

BACA JUGA:

Saat ini pelaku sudah diamankan beserta alat bukti berupa 1 unit sepeda motor roda dua jenis King, 1 unit HP Iphone, emas putih 3 mayam, serta dua buku tabungan. (*)