Plt Gubenur : Penanganan Banjir Tamiang Secara Menyeluruh

Plt Gubenur : Penanganan Banjir Tamiang Secara Menyeluruh

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Penanganan banjir di Kabupaten Aceh Tamiang harus dilakukan secara konprehensif atau menyeluruh dari berbagai aspek karena dampak banjir bukan pemukiman warga saja yang tergenang namun juga berdampak terhadap aspek lainnya.

“Saya berharap banjir ini bisa diselesaikan secara menyeluruh tidak parsial ada kaloborasi anggaran APBN, APBA dan APBK untuk penanganan banjir ini,” ujarnya Plt Gubernur Nova Iriansyah saat meninjau banjir tamiang, Selasa (19/5/2020) .

Penanganan sungai ini menurut undang-undang, lanjut Nova, ada kewenangan pusat, provinsi dan kabupaten namun melihat dampak yang ditimbulkan dari Sungai Tamiang, saya yakin kewenangannya, antara kewenangan provinsi dan pusat tapi pastinya nanti kita kordinasi dengan pusat,’lanjut Gnova

Terkait penanganan Sungai Tamiang yang sudah disiapkan Detail Engineering Design (DED) oleh BPBD Aceh Tamiang nanti kita review, intinya kalau sudah memnuhi syarat kita bangun.

“Tadi dijelaskan Pak Camat direncanankan akan dibangun setpel di beberapa titik mungkin sesuai kebutuhan, dimana ada tikungan, arusnya derasdasn sendimen kita buat kontruksi peremanen,” jelas Nova.

Begitru keluahan petani gagal panen akibat banjir, saya berharap penanganan banjir ini dapat diselesaikan secara konfrehensif  tidak parsial ada kaloborasi anggaran APBN, APBA dan APBK.

Sebelumnya, Bupati Aceh Tamiang, Mursil  berharap kepada Plt Gubenur agar dapat menangani Sungai Tamiang karena sungai ini terpanjang dan terbesar di Aceh yang berbatasan dengan Aceh Timur dan Gayo Lues yang setiap tahunnya banjir. (*)