Edukasi

PGRI Kuta Baharu Peringati HGN dan HUT PGRI ke-72

Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan bahwa Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan

Foto | Istimewa

ACEHSATU.COM | SINGKIL – Puluhan Guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Kuta Baharu, Kabupaten Aceh Singkil, melaksanakan Upacara Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI yang Ke-72 di lapangan Kecamatan Kota Baharu, Sabtu (25/11/2017).

Upacara Memperingati HGN dan HUT PGRI yang Ke-72 dihadiri Kepala Sekolah SMPN 1 Kuta Baharu Indra Ardi M Pd yang bertindak sebagai pemimpin upacara dan Kepala Sekolah SD Negeri Butar,  Eko Prayitno bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pemimpin Upacara Indra Ardi, dalam sambutannya membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada upacara HGN, 25 November 2017. Dengan tema “Membangun Pendidikan Karakter melalui keteladanan Guru”.

“Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.” Kata Indra.

Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan bahwa Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan. Mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga.

Guru dan tenaga pendidik juga harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Indra mengajak kepada seluruh Guru yang ada di wilayah Kecamatan Kuta Baharu untuk meningkatkan etos kerja.

“Saya mengucapkan selamat Hari Guru dan semoga kita dapat meningkatkan etos kerja kita, sesuai dengan harapan Menteri Pendidikan Nasional. Bekerja, bekerja dan bekerja.” Ujarnya.

Selain Guru, Ratusan Pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA juga mengikuti Upacara Hari Guru tersebut.

Ketua Pimpinan Cabang PGRI Kecamatan Kuta Baharu, Suparjo S Pd, di selah-selah upacara mengatakan kepada wartawan. Ia berharap, melalui Upacara Hari Guru ini dapat mempererat hubungan sesama Guru.

Pada tahun 2017 ini yang tidak bergabung melaksanakan Upacara Hari Guru Nasional hanya sekolah Yayasan Bunga Al Qur’an di Nafasindo, mereka melaksanakan Upacara Hari Guru di Sekolahnya.

“Saya berharap di tahun depan semua Guru ataupun sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Kuta Baharu ini bersama-sama melaksanakan upacara Hari Guru, karena ini adalah hari guru.” Ungkap Suparjo. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top