Petugas Puskesmas dan Satgas Gampong Data Warga yang Mengalami Gejala Covid-19

ACEHSATU.COM | BIREUEN- Petugas medis dari 20 Puskesmas tersebar di 17 kecamatan di Bireuen, bersama satgas gampong, turun ke desa-desa untuk mendata warga yang mengalami gejala penyakit yang mengarah Covid-19.

Keterangan diperoleh ACEHSATU.COM, tim gabungan mulai turun ke gampong hari Minggu (01/11/2020) sampai hari Selasa (10/11/2020), guna memutuskan rantai penyebaran Covid-19, jelas Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, dr Irwan A Gani kepada wartawan, Sabtu (31/10/2020).

Kadinkes Bireuen, dr Irwan A Gani. (Foto. Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Kata Kadinkes, seluruh tenaga medis dari puskesmas telah diinstruksikan turun ke gampong dengan satgas gampong, guna mendata warga mengalami demam, batuk, filek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, penciuman hilang dan inspeksi saluran pernapasan atas (Ispa) berat.

Diharapkan bagi masyarakat yang alami sakit seperti tersebut itu, supaya dapat melaporkan dirinya kepada petugas yang datang ke gampong. Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan kondisi kesehatan masyarakat ditengah Covid-19 terus meluas.

Setelah dilakukan pemeriksaan, apabila ada warga yang mengarah Covid-19 maka dilakukan pemeriksaan swab dan warga bersangkutan diminta isolasi mandiri  selama 10 hari. 

Kadinkes dr Irwan A Gani mengharapkan partisipasi masyarakat dalam mendata warga sakit dengan memberi informasi yang sebenarnya, sebagaimana tujuan pendataan langsung ke gampong sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. (*)