Petugas Gagalkan Sabu-sabu Masuk Lapas Kualasimpang

"Barang titipan tersebut, berupa makanan dan sepasang sandal baru merk Alpano, disaat dilakukan pemerikasaan oleh petugas, sendal sebelah kiri, petugas curiga karena tapak sendal sisi samping sedikit merenggang, kemudian petugas membuka tapak tersebut, dan menemukan pelastik putih transparan yang diduga Nnarkotika jenis sabu"Kepala Lapas Kelas IIB Kuala Simpang, Atmawijaya.
sabu-sabu masuk lapas
sabu-sabu masuk lapas

Petugas Gagalkan Sabu-sabu Masuk Lapas Kulasimpang

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kuala Simpang, Aceh Tamiang berhasil menggagalkan percobaan penyeludupan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam Lapas, Senin (05/3/2021).

Percoban peyeludupan sabu-sabu tersebut dilakukan dengan cara menitip barang yang dilakukan inisial AH (22) warga Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. kepada petugas yang ditujukan kepada warga binaan Lapas HA (29) yang saat ini sedang menjalani pidana 8 tahun penjara kasus tindak pidana Narkotika.

Selanjutnya, warga binaan inisial SP (33) warga Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat tindak pidana 363 KUHP. Dan inisial “MS” (26) warga Kecamaran Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang kasus tindak pidana Narkotika.

Kepala Lapas Kelas IIB Kuala Simpang, Atmawijaya kepada wartawan kemarin mengatakan, upaya penyeludupan narkotika sabu-sabu tersebut terjadi pada Sabtu (3/4/202) sekira pukul 16.15 Wib, dimana seorang pengunjung inisial AH dengan mengendarai sepeda motor membawa barang titipan yang ditujukan kepada warga binaan bernama inisial SP .

Ilustrasi : Sabu-sabu

Karena yang bersangkutan membawa barang titipan diluar batas waktu layanan titipan, sehingga petugas Lapas P2U, menolak brang titipan tersebut serta menjelaskan bahwa, dilarang untuk penitipan barang, dan menyarankan agar kembali, pada waktu yang sudah tetapkan yang diperbolekan melakukan penitipan barang, dan akhirnya pengunjung pergi.

“Namun setelah beberapa saat, pengunjung kembali lagi dan meminta tolong agar barang titipannya diterima, dikarenakan jarak tempuh pengunjung jauh dari Lapas”, jelasnya.

Selanjutnya petugas P2U menghubungi atasannya meminta ijin menerima titipan tersebut, dengan berbagai pertimbangan atasan penjaga mengijinkannya.

Lanjut Kalapas, barang titipan tersebut, berupa makanan dan sepasang sandal baru merk Alpano, disaat dilakukan pemerikasaan oleh petugas, sendal sebelah kiri, petugas curiga karena tapak sendal sisi samping sedikit merenggang, kemudian petugas membuka tapak tersebut, dan menemukan pelastik putih transparan yang diduga Nnarkotika jenis sabu.

Baca :Dua Pengedar Narkoba di Langsa Dibekuk

Baca :Mantan Anggota DPRK Pidie Jaya Nekat Jadi Kurir Sabu, Gegara Terlilit Utang Saat Nyaleg

Kemudian petugas yang melakukan pemeriksaan tersebut memberikan isyarat untuk mengamankan pengunjung, dengan sigap petugas P2U menghubungi atasannya dan melaporkan kepada Kepala Lapas. Dari hasil pemeriksaan ditemukan satu bungkus Narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 2,5 gram.

Selanjutnya, pengunjung beserta barang bukti satu unit sepeda motor, satu bungkus barang titipan diduga sabu-sabu dan warga binaan diserahkan ke Mapolres Aceh Tamiang untuk peyelidikan lebih lanjut (*).