oleh

Petani Tamiang Mulai Galakkan Tanam Bawang, Hari ini, Bupati Panen Perdana

-Aceh Tamiang, Indeks-286 views

Petani Tamiang Mulai Galakkan Tanam Bawang, Hari ini, Bupati Panen Perdana

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG –  Sejumlah petani di Kecamatan Bandar Mulia, Kebupaten Aceh Tamiang mulai menggalakkan penanaman tanaman holtikultura jenis bawang merah  di lahan sawah pasca mereka panen padi.

Hari ini Bupati Aceh Tamiang, Mursil  mengajak Forkompinda Aceh Tamiang untuk melakukan panen perdana kelompok tani tanaman bawang di Kampung Telaga Muku Dua Kecamatan Bandar Mulia. Kamis (18/6/2020).

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan Yunus SP kepada Acehsatu.com, Kamis (18/6/2020) mengatakan, penanaman tanman sampingan setelah padi ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terhadap petani ddalam rangka meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19

Untuk mensukseskan gerakan tanama bawang pasca panen padi di Aceh Tamiang,   pihaknya lanjut Yunus, telah mengirim beberapa petani ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah untuk belajar membudidayakan bawang merah agar hasil produksi  bawang petani meningkat dan bermutu baik.

“Untuk Kecamatan Banda Mulia,  penanaman bawang ini sendiri telah melalui beberapa kali uji coba dan mendapatkan hasil yang baik,” ujarnya.

Dihadapan petani, Bupati Aceh Tamiang Mursil berpesan agar  petani tetap semangat dalam mengembangkan bawang di Kecamatan Banda Mulia.

“Bagi petani yang telah mendapatkan ilmu cara budidaya tanam bawang sebaiknya dapat membaginya dengan petani lainnya,” ujarnya

Alasannya lanjut Mursil, tidak semua petani mendapat kesempatan menimba ilmu menanam bawang di Brebes sehingga semua petani khususnya di Banda Mulia dapat  membudidayakan bawang merah dengan baik.

“harapan kita kedepan Banda Mulia dapat menjadi sentra bawang merah di Aceh dan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,” pungkas Bupati.

Pada kesemptan tersebut, Bupati beserta rombongan melakukan panen bawang di kebun bawang milik petani Warsito di dampingi Bapak Poniman selaku pelopor petani bawang di Kecamatan Banda Mulia.

Hasil panen bawang di Kecamatan Banda Mulia cukup baik mencapai 500 kg per rantenya. Untuk itu, Poniman berharap kedepannya dengan adanya pembinaan dari instansi terkait hasil panen bawang di Kecamatan Banda Mulia bisa lebih meningkat lagi.

Hadir dalam panen perdana tersebut, Kasdim 0117 Aceh Tamiang, Kadis Pangan, Kelautan Dan Perikanan, Safuan, unsur Forkopimcam Banda Mulia, Kabag Humas,  Agusliayana Devita serta Ketua KTNA Aceh Tamiang. (*)

Indeks Berita