Breaking News

Persentase Pengguna Narkoba di Kalangan Pelajar Lebih Besar

12.000 orang meninggal sia-sia setiap tahunnya akibat penyalahgunaan narkoba.

Foto | Muhammad Rain

ACEHSATU.COM | LANGSA – Pengguna narkoba di negeri ini didominasi dari kalangan pelajar, hal tersebut disampaikan oleh AKBP Navri Yulenny, SH, MH dalam pidato Kepala BNN RI Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, SH yang dibacakan Navri selaku Kepala BNN Langsa, Kamis (26/07/2018).

Pernyataan tingginya pengguna narkoba di kalangan pelajar disampaikan pada kegiatan Kampanye Stop Narkoba dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018, berlangsung di Gedung Cakradonya Kota Langsa.

Turut hadir perwakilan dari unsur Instansi Kejaksaan, Kodim, Polres, Kepala sekolah, MPD, para ketua ormas antinarkoba, Merci Propolis serta organisasi lainnya.

“Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat menunjukkan kecenderungan semakin meningkat dengan korban yang meluas, terutama di kalangan anak-anak, remaja, generasi muda…,” ungkap Navri di hadapan ratusan hadirin memenuhi gedung.

Hasil survei nasional penyalahgunaan narkoba di 34 propinsi pada 2017 oleh BNN dan UI diperoleh angka prevalensi sebesar 1,77% dari total penduduk atau sejumlah 3.376.115 orang pada kelompok usia 10-59 tahun.

12.000 orang meninggal sia-sia setiap tahunnya akibat penyalahgunaan narkoba.

Untuk atasi jumlah penyalah guna narkoba dari berbagai kalangan BNN Nasional melaksanakan penyusunan modul pendidikan anti narkoba untuk 5 sasaran ; pelajar, mahasiswa, pekerja, keluarga dan masyarakat sebagai program prioritas nasional sejalan kebijakan nasional tentang revolusi mental diluncurkan di Maluku Utara, Bali, Surabaya, Kalimantan Timur.

Perwakilan Pemerintah Kota Langsa, Suriyatno, AP. MSP, selaku Asisten 1 turut menyampaikan pentingnya mendorong seluruh instansi di Langsa terutama yang menjadi tanggung jawab BNN Langsa, agar nilai-nilai preventif pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat jadi prioritas bersama.

Bentuk peringatan HANI 2018 yang dilaksanakan BNN Langsa turut diisi perlombaan tingkat SD, SMP, SMA sederajat se-Kota Langsa serta umum berupa kompetisi Lomba Baca Puisi, Lomba Teater, Lomba Syahril Qur’an dan Lomba Seni Tari. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top