Perlu Anda Ketahui! Ini Misteri Dibalik 7 Perilaku Aneh Kucing

0
2

ACEHSATU.COM – Kucing adalah salah satu peliharaan yang paling populer di Indonesia, bahkan dunia. Di Amerika Serikat saja, yang masyarakatnya lebih suka memelihara anjing, ternyata ada 100 juta kucing yang dipelihara.

Bagi para pecinta kucing, sudah tak aneh lagi jika kucing adalah binatang dengan tingkah aneh. Bahkan pecinta kucing sendiripun tak mengerti apa yang dimaksudkan kucing dalam berbagai tingkah anehnya.

Dilansir merdeka.com, Berikut ada beberapa penjelasan tentang stereotip, kelakuan dan berbagai tingkah misterius kucing yang didukung oleh penjelasan ilmiah tentang makna dibaliknya.

1. Mengapa kucing seringkali tiba-tiba menggigit atau mencakar seseorang yang membelainya?

Ternyata Menurut pakar kucing, Arden Moore, kucing tiba-tiba menggigit atau mencakar itu adalah tanda dia menginginkan Anda untuk berhenti membelai.

Dr. John Bradshaw, yang juga seorang pakar kucing, juga menyatakan sebelum menggigit atau mencakar, sebenarnya kucing sudah mengeluarkan tanda kalau dia tak mau lagi dibelai. Yakni dengan mengibaskan ekor, menaikkan telinga, melebarkan pupil, serta mengencangkan otot.

Kucing juga akan menggigit jika dia dibelai di area yang tak disukainya. Kebanyakan kucing suka dibelai di kepala, serta membenci belaian di perutatau dekat ekor.

2. Mengapa kucing suka menjatuhkan barang dari atas meja?

Meski dalam beberapa kasus sebenarnya kucing memang ceroboh, namun seringkali kucing mencari perhatian si pemilik dengan menjatuhkan barang.

Bahkan, terkadang kucing melihat hal ini sebagai hiburan buat dia, karena si kucing mempelajari bahwa hal ini seperti permainan yang menyenangkan bagi dia maupun pemilik.

3. Mengapa kucing terkadang melihat matasecara langsung, lalu berkedip secara perlahan?

Meskipun kucing adalah binatang yang seringkali misterius, namun binatang berbulu ini menunjukkan kasih sayang dengan cara berkedip dengan pelan. Para peneliti pun menyebut hal ini sebagai ‘kitty kisses.’

4. Mengapa kucing menyukai komputer atau laptop?

Seringkali ketika bekerja, si kitty tiba-tiba datang untuk mengganggu pekerjaan Anda yang menumpuk di komputer. Namun jangan salah pengertian dengan mengira dia mencari perhatian.

Menurut penelitian, ada dua hal yang membuat kucing tertarik ke komputer atau laptop. Yakni kehangatan yang dipancarkan komputer, serta tekstur keyboard yang menarik buat kaki kucing.

5. Mengapa kucing seringkali kaget dan ketakutan sendiri?

Hal ini ternyata terjadi ketika kucing frustasi karena dia tak ada aktivitas. Dia melampiaskan kekesalannya ini dengan berlari-lari tak jelas seakan-akan dia ketakutan.

Namun bukan berarti dia tak benar-benar ketakutan. Sedikit pergerakan saja yang mengganggu dia, bahkan hanya debu, bisa membuat dia terkaget dan lari tak beraturan.

6. Mengapa kucing suka menjilat benda yang bukan makanan seperti kantong plastik?

Kucing menjilat kantong plastik dengan alasan yang sama dengan sebelumnya, dia bosan. Hal ini dilakukannya untuk meringankan stres yang dialaminya.

Menurut pakar kucing, beberapa kucing memang tidak mendapat asupan asi dari ibunya dengan cukup. Oleh karena itu dia selalu mencari tempat-tempat untuk berlindung seperti kantong plastik, atau bawah selimut atau jaket dan pakaian yang tergeletak.

7. Mengapa kucing sangat suka kotak?

Kucing sangat menyukai kotakkarena kotak adalah tempat kucing untuk mereduksi stres yang dia alami. Kotak adalah tempat yang tepat juga untuk berlindung dan sebuah spot yang tepat untuk mengobservasi berbagai hal di sekitarnya.

Perbedaan kotak yang dipilih kucing sebagai pelindungnya, seperti pemilihan kotak lebih kecil daripada kotak yang besar, adalah hal yang sampai saat ini jadi misteri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here