Perkuat Solidaritas Islam, Warga Tanjung Selamat Bantu Palestina

Kegiatan amal yang diinisiasi oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Babul Maghfirah dan difasilitasi oleh ACT Aceh tersebut berlangsung disela-sela pelaksanaan ibadah ramadhan 1442 H dengan kedatangan Syeikh Yosef Jamal Yosef Temraz asal Palestina.
Syeikh Yosef Jamal Yosef Temraz asal Palestina. Foto: Miswar

Warga Tanjung Selamat Bantu Palestina

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Rasa solidaritas Islam warga Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar terbilang sangat tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan kemauan menggalang dana untuk membantu warga Palestina yang saat ini sedang mengalami penderitaan akibat penjajahan Zionis Israel.

Melalui lembaga internasional Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, ratusan warga Gampong Tanjung Selamat menyumbangkan sebanyak Rp20 Juta lebih untuk aksi peduli Palestina, Rabu, (5/5/2021).

Kegiatan amal yang diinisiasi oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Babul Maghfirah dan difasilitasi oleh ACT Aceh tersebut berlangsung disela-sela pelaksanaan ibadah ramadhan 1442 H dengan kedatangan Syeikh Yosef Jamal Yosef Temraz asal Palestina.

Keuchik Gampong Tanjung Selamat Salamun SH mengucapkan terima kasih kepada Pengurus BKM, ACT Aceh, dan seluruh masyarakat dan jamaah Masjid Babul Maghfirah yang telah bekerjasama menyukseskan kegiatan amal ini.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak kepada Ustadz Wirzaini selaku Ketua BKM yang telah mengundang ACT dan mendatangkan Syeikh Yosef Jamal Yosef Temraz di masjid kita yang mulia ini,” ujar Salamun dalam sambutan selamat datang.

“Ahlan wasahlan Syeikh, kami sangat senang atas kedatangan Anda ke tempat kami, semoga warga Tanjung Selamat dapat memberikan bantuan berupa donasi terbaiknya untuk saudara kita di Palestina.” tambahnya.

Syeikh Yosef Jamal Yosef Temraz yang berkesempatan memberikan ceramah singkat sebelum pelaksanaan shalat tarawih memaparkan secara umum tentang kondisi terkini Palestina dan umat Islam di sana.

Ia mengatakan bahwa tanah Palestina merupakan tanah suci, tanah para nabi dan pernah menjadi kiblat pertama umat Islam sebelum kemudian berpindah ke Masjidil Haram di Mekah.

Saat ini Zionis Israel sangat masif mencaplok tanah Palestina dan menguasai Masjid Al Aqsa (Baitul Maqdis) yang pernah menjadi kiblat umat Islam.

Bahkan mereka menggusur rumah-rumah warga Palestina dan menggantinya dengan pemukiman Yahudi yang datang dari negara-negara Eropa.

Tidak hanya itu, Zionis Israel juga membangun tembok-tembok tinggi untuk membatasi pergerakan warga Palestina baik di Gaza maupun di Yerusalem.

Penderitaan warga Palestina atas penjajahan yang dilakukan oleh Zionis Israel sudah berlangsung hampir satu abad lamanya. Namun dunia diam melihat fakta ini bahkan cenderung mendukung Zionis Israel.

Oleh karena itu ACT Aceh mengajak umat Islam Aceh khususnya warga masyarakat Tanjung Selamat untuk mengambil sikap peduli dan membantu meringankan beban saudaranya.

Palestina tidak meminta nyawa rakyat Aceh, yang mereka butuhkan hanya sedikit bantuan agar mereka bisa berjuang mempertahankan Masjidil Aqsa dari tangan jahat Zionis Israel. (*)