Religi

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H, Sungai Raya Adakan Khanduri Adat

Para anak yatim piatu setiap maulid selalu mendapat undangan dari pihak panitia.

Foto | Muhrain

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H berlangsung meriah di Gampong Labuhan Keude, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur  yang dilaksanakan pada Sabtu (2/12/2017) di Mesjid Sungai Raya.

Sebagaimana kebiasaan yang telah menjadi adat masyarakat Aceh setempat di Sungai Raya, Khanduri Adat menjadi hal paling dinantikan di setiap tahunnya, ungkap Geuchik Said Arifin yang terlihat antusias membantu panitia.

Bustaman selaku Sekretaris Desa setempat menjelaskan terkait penyelenggaraan Maulid Nabi bahwa desanya mengalokasikan dana setiap tahunnya dari pagu anggaran Peringatan Hari Besar Agama Islam sejumlah 10 hingga 15 juta rupiah.

Panitia maulid sebagian besar adalah perangkat desa setempat, dibantu oleh para pemuda juga pengurus mesjid di tempat pelaksanaan maulid.

Adapun momentum maulid juga memberikan sedekah serta makanan bagi 50 anak yatim piatu di Sungai Raya.

“Mereka para anak yatim piatu setiap maulid selalu mendapat undangan dari pihak panitia,” ungkap Bustaman.

Antusiasnya masyarakat terlihat dengan mendatangi lokasi maulid, mereka membawa makanan serta minuman untuk saling dibagikan kepada sesama.

Kehadiran anak-anak dan remaja tampak lebih mendominasi suasana di lokasi maulid. Mereka juga ada yang didampingi keluarganya.

Selain pembagian makanan dan minuman, acara maulid juga menghadirkan komunitas zikir maulid. Sepanjang proses pengumpulan bahan makanan yang dibawa warga, zikir maulid pun berkumandang menambah khidmat dan meriah suasana.

“Desa tetangga turut kami undang, dari 13 (tiga belas) desa yang ada dalam Kecamatan Sungai Raya, kami mengundang sekitar 8 (delapan) desa tetangga,” jelas Sekdes Bustaman yang juga berprofesi sebagai guru SMAN 1 Sungai Raya.

Menurut rencana panitia maulid juga akan mengadakan Tablig Akbar, namun akibat cuaca akhir-akhir ini sering turun hujan, maka Tablig Akbar ditunda dulu pelaksanaannya hingga minggu depan.

“Kami pihak panitia mengucapkan terima kasih banyak terhadap semua warga masyarakat yang ikut terlibat memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di Sungai Raya ini, semoga menjadi berkah semua amal baik warga,” ungkap Bustaman sekaligus mengakhiri wawancara dengan ACEHSATU.COM. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top