Peringati HSP, Besok KNPI Aceh Tamiang Gelar Vaksinasi Covid, Target 3000 Peserta

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 93 pada Kamis (28/10/2021) DPD KNPI Aceh Tamiang menargetkan pemuda yang disuntik vaksin sebanyak 3000 orang. Karenanya ia meminta pemuda jangan takut divaksin karena vaksin dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal Covid-19.
vaksin hari sumpah pemuda
Ketua KNPI Aceh Tamiang, Arief Wildan didampingi Ketua MPI, Adlin. Rabu (27/10/2021) acehsatu.com/Muhammad Nasir

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 93 pada Kamis (28/10/2021) DPD KNPI Aceh Tamiang menargetkan pemuda yang disuntik vaksin sebanyak 3000 orang. Karenanya ia meminta pemuda jangan takut divaksin karena vaksin dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal Covid-19.

Ketua DPD KNPI Aceh Tamiang, Arief Wildan didampingi Ketua MPI, Adlin dan pengurus KNPI, Haddadi dan Syahyan kepada acehsatu.com, Rabu (27/10/2021) mengatakan,  peringatan hari sumpah pemuda tahun ini, pengurus KNPI Aceh Tamiang sepakat mensukseskan program pemerintah vaksinasi covid-19.

Untuk mensukseskan vaksinasi tersebut, pihaknya telah meminta seluruh Pengurus Kecamatan KNPI di 12 kecamatan agar  membuka gerai melakukan vaksinasi covid terutama untuk pemuda maupun warga lainnya yang belum melakukan vaksin.

“Kita juga bekerjasama dengan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan Pemkab Aceh Tamiang dalam mensukseskan kegiatan vaksinasi ini,” ujar Arief.

Arief mengaku optimis, target vaksinasi covid akan berhasil karena minimal setiap pemuda desa membawa sepuluh orang pemuda untuk disuntik vaksin. Jumlah tersebut bisa jadi lebih karena sejak smeinggu lalu pihaknya telah melakukan sosialisasi manfaat vaksinasi covid ini.

“Pemuda tidak perlu takut disuntik vaksin karena vaksinasi ini penting untuk diri sendiri dan orang disekitar kita dalam memutus mata rantai  penyebaran covid,” ujarnya lagi.

vaksin hari sumpah pemuda
Ketua KNPI Aceh Tamiang, Arief Wildan didampingi Ketua MPI, Adlin. Rabu (27/10/2021) acehsatu.com/Muhammad Nasir

Selain itu, vaksinasi ini juga bentuk kepedulian pemuda Aceh Tamiang dalam pemulihan kesehatan nasional sehingga ekonomi nasional bangkit kembali dan berdampak terhadap investasi dan pembukaan lapangan kerja yang akan menyerap para pemuda.

“Sudah 90 persen persiapan kita untuk mensukseskan vaksinasi massal ini,” tutur Ketua KNPI Tamiang ini.

Arief mengajak pemuda dan masyarakat yang belum divaksin agar datang melakukan suntik vaksin dilokasi lokasi yang telah ditetapkan di 12 kecamatan di Aceh Tamiang. Saat ini di Aceh Tamiang dari target 200 ribu lebih warga yang di vaksin baru tercapai 70 ribu orang karenanya pemuda harus mengambil peran dalam mensuksekan program vaksinasi covid. 

“Pemuda harus menjadi penggerak mensukseskan vaksinasi Covid di Aceh Tamiang,” ujarnya.

Selain itu, Ketua KNPI Aceh Tamiang juga menghimbau warga agar tetap displin menjalankan protokol kesehatan meski sudah divaksin dengan memakai masker saat berada diluar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau mengunakan sanitizer dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas bepergian keluar daerah jika tidak ada keperluan mendesak.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil memberikan doorprize kepada salah satu lansia yang melakukan vaksin di Pukesmas Sekerak, Senin (7/6/2021) acehsatu.com/ist
Bupati Aceh Tamiang, Mursil memberikan doorprize kepada salah satu lansia yang melakukan vaksin di Pukesmas Sekerak, Senin (7/6/2021) acehsatu.com/ist

Manfaat vaksin

Dilansir detik.com dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat vaksin COVID-19:

1. Menciptakan respons antibodi

Manfaat vaksin COVID-19 yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok. Sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

2. Mencegah terkena virus COVID-19

Manfaat vaksin COVID-19 lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.

3. Menghentikan virus

Manfaat vaksin COVID-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus COVID-19 masuk ke dalam tubuh.

4. Melindungi orang-orang di sekitar kita

Jika kita menerima vaksin, otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan virus COVID-19. Hal ini menjadi manfaat vaksin COVID-19 yang membantu mengurangi penyebaran Corona Menghindari disuntik vaksin covid-19,