Percepat Vaksinasi, Polres Tamiang Door to door, Seribu Warga Disuntik Vaksin Covid

Sejumlah Polsek di lingkungan Polres Aceh Tamiang menggelar vaksinasi covid-19 bagi warga yang belum divaksin Covid-19 di 11 lokasi, vaksinasi ini dalam rangka mempercepat tercapainya capaian vaksin 70 persen dari target yang diharapkan hingga akhir Desember 2021 ini.
vaksin covid
Untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Aceh Tamiang, jajaran Polres Aceh Tamiang mulai melakukan vaksinasi door to door di sejumlah kampung. Minggu (19/12/2021) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Sejumlah Polsek di lingkungan Polres Aceh Tamiang menggelar vaksinasi covid-19 bagi warga yang belum divaksin Covid-19 di 11 lokasi, vaksinasi ini dalam rangka mempercepat tercapainya capaian vaksin 70 persen dari target yang diharapkan hingga akhir Desember 2021 ini.

Sampai minggu ini di Aceh Tamiang sudah lebih dari 124 ribu atau 55,4% warga Aceh Tamiang telah mendapatkan vaksin anti Covid-19

Kasbubag Humas Polres Aceh Tamiang, Iptu Untung Sumaryo kepada acehsatu.com, Minggu (19/12/2021) mengatakan, sejumal polsek yang menggelar vaksinasi diantaranya, Polsek Rantau, Polsek Kejuruan Muda, Polsek Bendahara, dan gerai vaksin Satreskrim Polres Aceh Tamiang.

vaksin covid
Untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Aceh Tamiang, jajaran Polres Aceh Tamiang mulai melakukan vaksinasi door to door di sejumlah kampung. Minggu (19/12/2021) acehsatu.com/ist

“Gerai vaksin Reskrim digelar di Kampung Paya Tampah, Kecamatan Tamiang Hulu, sedangkan Polsek Bendahara menggelar gerai vaksin di Desa Teluk Halban dan Puskesmas Sungai yu dengan target para lanjut usia. Kemudian, Polsek Rantau menggelar gerai vaksin di Kampung Paya Bedi dan Kampung Ingin Jaya. selanjutnya Polsek Kejuruan Muda di Kampung Seumadam dengan pola door to door,” ujar perwira Untung.

Untuk mempercepat capaian vaksinasi ini saat ini jajaran Polres Aceh Tamiang mulai melakukan pendataan kampung-kampung mana yang belum memenuhi target vaksin, di desa tersebut gerai vaksin Polres Aceh Tamiang digelar setelah sebelumnya dilakukan pendataan warga yang akan divaksin.

Bahkan personil polisi juga sudah mulai melakukan vaksin dengan pola dari pintu ke pintu seperti yang dilakukan jajaran Polsek Kejuruan Muda di Kampung Seumadam.

“Pola jemput bola ini dilakukan untuk mempermuda para warga lanjut usia agar tidak bersusah payah pergi ke gerai vaksin namun petugas langsung ke rumah mereka, selain lansia juga kita targetkan para remaja umur diatas 12 tahun yang belum divaksin untuk disuntik vaksin,” jelas Kasubag Humas Polres Aceh Tamiang ini.

Untuk  pelaksanaan vaksinasi tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinkes Aceh Tamiang menerjunkan 78 petugas vaksinator dan berhasil melakukan suntik vaksin terhadap 1.085 warga di 11 lokasi tersebut.

Seperti biasa, sebelum dilakukan suntik vaksin, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dan Polres Aceh Tamiang melakukan observasi terlebih dahulu kepada setiap warga yang akan divaksin untuk mengindari ada tidaknya penyakit penyerta dari warga tersebut.

vaksin covid
Untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Aceh Tamiang, jajaran Polres Aceh Tamiang mulai melakukan vaksinasi door to door di sejumlah kampung. Minggu (19/12/2021) acehsatu.com/ist

“Setelah dilakukan observasi dinilai aman oleh tim medis, baru warga tersebut dilakukan suntik vaksin, kemudian setelah disuntik vaksin juga diminta menunggu hingga 30 menit guna melihat reaksi yang ditimbulkan pasca divaksin,” ujar Iptu Untung lagi.

Jika tidak ada terjadi sesuatu, aman dan sehat, maka warga tersebut diperbolehkan pulang  

Sebelum pulang warga yang ssudah ddi vaksin oleh personil polisi juga disampaikan pesan Kapolres Aceh Tamiang, meski warga sudah divaksin agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni sering menggunakan masker saat berada diluar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan sanitizer dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta mengurangi bepergian keluar daerah jika tidak ada keperluan yang mendesak, demikian Kasubag Humas Polress Aceh Tamiang, Iptu Untung Sumaryo (*)