Penyerahan Hadiah Bagi Guru dan Siswa Berprestasi Warnai Peringatan HAB Ke 75 di Bireuen

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen, mengelar upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 75, dilapangan MAN 2 Bireuen, jalan Medan-Banda Aceh, Gampong Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Selasa (05/01/2021) pagi.
HAB Ke 75 di Bireuen
Kakankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd dan jajaran foto bersama para guru dan siswa berprestasi, Selasa (05/01/2020) pagi. (Foto: Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

HAB Ke 75 di Bireuen

ACEHSATU.COM – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen, mengelar upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 75, di Lapangan MAN 2 Bireuen, jalan Medan-Banda Aceh, Gampong Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Selasa (05/01/2021) pagi.

Upacara dengan inspektur upacara Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd, dirangkai penyerahan penghargaan kepada purna bakti, satya lancana, bagi siswa juara Kompetisi Sain Madrasah tingkat provinsi dan nasional, juga guru RA, MI, MTs dan MA juara video pembelajaran.

Kakankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd didampinggi KTU Iskandar ditanyai Acehsatu.Com usai upacara diikuti pejabat utama Kemenag dan jajaran mengatakan, secara nasional Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti setiap 3 Januari hari ini ke 75 tahun.

Banyak program telah dilaksanakan dan setiap tahun ada program prioritas terus dikembangkan, untuk tahun 2021 ini lebih mengembangkan moderasi beragama, dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama karena merupakan kunci sangat menentukan kehadiran negara ini.

Peringatan HAB ke 75 di Bireuen dalam kondisi pandemi Covid-19 kita laksanakan sederhana tetapi khidmat, di Kemenag Bireuen kita mengharapkan dapat terus tingkatkan kualitas pendidikan, pelayanan bidang keagamaan termasuk haji.

Terkait kualitas pendidikan saat ini kita maklumi karena sedang masa pandemi Covid-19 mengalami kendala, terkait penyelenggaraan pendidikan. Kita bersama pengelola pendidikan madrasah berupaya anak-anak dapat terus belajar walau dalam jaringan (daring).

“Januari ini anak-anak kita masih belajar shif belum bisa bebas dan kami harapkan juga bantuan teman-teman wartawan untuk kita saling ingatkan untuk menjaga Covid-19 ini, supaya bulan depan ada evaluasi dari pemerintah bisa belajar secara sempurna seperti biasa,” ujarnya.

“Kami juga memberikan apresiasi bagi guru yang telah mendidik anak-anak ini dan kita harapkan ke depan bukan satu dua saja yang dapat bersaing tingkat nasional lebih banyak lagi,” imbuh Kakankemenag.

Begitu juga bagi guru-guru meraih juara lomba video pembelajaran, juga adalah inovasi dikembangkan Kemenag Bireuen, untuk menyikapi tuntutan belajar sesuai perkembangan zaman saat ini. “Guru-guru cukup semangat ikuti lomba ini dan tahun depan kita tingkatkan,” terang Zulkifli Idris.

HAB Ke 75 di Bireuen
Kakankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd dan jajaran foto bersama para guru dan siswa berprestasi, Selasa (05/01/2020) pagi. (Foto: Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Sementara data dihimpun Acehsatu.Com, penghargaan diberikan bagi 10 purnabakti (PNS pensiunan-red) dari MIN, MTs, KUA, satya lancana 30 tahun diberikan kepada H Dhiauddin Abdullah SAg dari Kantor Kementerian Agama Bireuen, 20 tahun Dra Marlina MIN 29 Bireuen, dan Zulkifli SAg KUA Jangka.

Siswa juara kompetisi sains madrasah online tahun 2020 yaitu, Intan Sabila MTsN 2 Bireuen, bidang studi IPA terpadu terintegrasi, juara II dan Hilmiati MAN 4 Bireuen geografi terintegrasi juara III pembinaan KSM Provinsi Aceh.

Selanjutnya siswi peraih juara III tingkat nasional bernama Putri Fajar Nabila asal sekolah MAS Darussa’addah Cot Tarom, bidang studi fisika terintegrasi. Hadiah bagi ketiga siswa tersebut diserahkan oleh Kakankemenag Bireuen.

Kankemenag juga menyerahkan hadiah bagi guru madrasah juara lomba video pembelajaran tingkat Raudhatul Atfal (RA) juara I Yusrawati SPd.I dari RA Ar-Rayyan, juara II Munidar SPd RA At-Taqwa, juara III Ita Fitriani SPd RA Darussunnah, harapan Cut Hendra Lena AMa RA Bahrul Ilmi.

Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) juara I Nadia Audina SPd MIN 50 Bireuen, juara II Bangkit Budi Iswanjaya SPd MIN 8 Bireuen, juara III Herlita SPd.I MIN 44 Bireuen, harapan Sitti Khadijah SPd.I MIN 44 Bireuen.

Kemudiannya Madradah Tsanawiyah (MTs) juara I Uswatul Khairi SPd MTsN 5 Bireuen, juara II Dra Nurjanah MTsN 10 Bireuen, juara III Safwatunufus MA MTsS Anzanjabil, juara harapan Elizar SPd MTsS Al Zahrah.

Terakhir jenjang Madrasah Aliyah (MA) juara I diraih Ikhwan Ramadhan SPd I Gr MAg dari MAS Al Zahrah, juara II Mirja Fadhullah SPd.I MAN 5 Bireuen, juara III Wahyuni SPd.I MAN 7 Bireuen, harapan Kamariah SPd MAN 5 Bireuen, rinci ketua panitia lomba Jahalim Solin SAg MA melalui Sekretaris panitia M Daud MPd ditanyai Acehsatu.Com. (*)