Pendaftaran Calon Pengawas Pemilu 2024 Kota Lhokseumawe di Buka

syarat mendaftar sebagai panwascam adalah berdomisili di Kota Lhokseumawe dengan menunjukkan kartu tanda penduduk
Panwaslih Kota Lhokseumawe buka pendaftaran calon pengawas pemilu
Kantor Panwaslih Kota Lhokseumawe.

ACEHSATU.COM | Lhokseumawe – Pendaftaran rekrutmen calon anggota pengawas pemilu tingkat kecamatan sudah dibuka di wilayah Kota Lhokseumawe, Aceh.

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe Zulkarnaen mengatakan pendaftaran calon anggota pengawas kecamatan tersebut berlangsung 21 hingga 27 September 2022, di Lhokseumawe, Rabu (21/09/2022).

“Kota Lhokseumawe ada empat kecamatan, Setiap kecamatan nantinya diisi tiga anggota pengawas pemilu. Sehingga pengawas yang direkrut sebanyak 12 orang,” kata Zulkarnaen.

Pendaftaran calon anggota pengawas kecamatan (panwascam) sebut Zulkarnaen, kali ini berbeda dari sebelumnya. Yakni pendaftar perempuan harus mencapai 30 persen dari total pendaftar yang ada. 

“Jika tidak mencapai 30 persen pendaftar perempuan, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang selama lima hari. Jika setelah diperpanjang masih belum tercapai, maka tahapan seleksi akan tetap dilanjutkan,” kata Zulkarnaen.

Secara umum, kata Zulkarnaen, syarat mendaftar sebagai panwascam adalah berdomisili di Kota Lhokseumawe dengan menunjukkan kartu tanda penduduk.

Berikutnya, tidak terlibat partai politik, berusia 25 tahun ke atas, berpendidikan minimal SMA dan sederajat serta melampirkan surat berkelakuan baik maupun bebas narkoba.

Pendaftar bisa langsung mendatangi Kantor Panwaslih Kota Lhokseumawe mengambil formulir pendaftaran atau bisa secara daring dengan mengunduh di laman http://lhokseumawe.bawaslu.go.id.

“Kami berharap perekrutan ini menghasilkan para anggota pengawas kecamatan yang merupakan lembaga ad hoc berintegritas, sehingga menghasilkan pemilu berkualitas,” kata Zulkarnaen.