oleh

Pencernaan Sering Terganggu Saat Berpuasa? Hindari Makanan Ini

-Sport-88 views

Laporan: Nur Faqhirah

ACEHSATU.COM – Membeli santapan untuk berbuka puasa di bulan ramadhan adalah salah satu kebiasaan semua orang, orang yang berpuasa akan memilih makanan sesuai dengan seleranya masing-masing disaat waktu berbuka tiba.

Nyatanya, orang yang sedang berpuasa akan membeli semua makanan yang terlintas di matanya dan kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa makanan yang dibeli itu tidak semuanya baik bagi organ tubuh.

Foto: Detiknews.com

Organ tubuh manusia yang sering terkena serangan penyakit adalah lambung, dan penyebabnya merupakan kesalahan dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Dikutip dari artikel Kepala Pusat Kesejahteraan dan Penuaan Sehat, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Fakultas Ilmu Kesehatan dr Suzana Shahar mengatakan secara fisiologis asam lambung akan timbul saat berpuasa, hal ini dikarenakan tidak adanya makanan yang dikonsumsi disaat berpuasa.

Pemahaman pernyataan di atas adalah saat seseorang berpuasa kemungkinan asam lambung akan timbul.

Hal ini dikarenakan kurangnya asupan makanan ketika berpuasa dan bila ditambah lagi dengan kesalahan dalam memilih makanan untuk dikonsumsi selama berpuasa, pastinya akan memperparah penyakit tersebut ke arah yang lebih buruk lagi.

Sebaiknya ketika dalam keadaan berpuasa, kita harus pandai memilih makanan untuk dikonsumsi saat waktu berbuka tiba dan tidak lupa pula menjahui makanan-makanan yang bisa membuat organ tubuh terkena penyakit.

Oleh sebab itu, kita harus jeli memilih makanan saat waktu berbuka tiba dan ini dia beberapa makanan yang perlu dihindari saat waktu berbuka tiba:

1. Gorengan

Gorengan adalah makanan ringan yang rasanya enak untuk di jadikan sebagai santapan ketika berbuka puasa. Bila diteliti makanan ini mempunyai kandungan lemak dari minyak yang dipakai untuk menggorengnya.

Jelas bahwa makanan tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, sistem pencernaan juga harus bekerja ekstra untuk mencerna gorengan tersebut karena perut dalam keadaan kosong saat tengah berpuasa.

2. Mengkonsumsi Es Dingin

Sebenarnya orang yang berpuasa tidak disarankan untuk berbuka dengan meminum air dingin ataupun sejenisnya, hal ini dikarenakan suhu badan manusia ketika berpuasa itu sangatlah hangat dan panas. Oleh karena itu, untuk membuat sistem pencernaan tidak terkejut, maka disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat supaya sesuai dengan suhu badan.

3. Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan, lebih-lebih lagi jika makanan pedas ini di konsumsi ketika sahur ataupun berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan pedas ketika sahur bisa menyebabkan seseorang dehidrasi selama berpuasa dan jika dikonsumsi disaat berbuka akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman dan menganggu sistem pencernaan.

4. Buah-buahan

Meskipun buah-buahan sangat bagus untuk dikonsumsi ketika berbuka, tetapi apabila mengkonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada perut. Menurut dr Zamurrud Patel Konsultan Dietitian (diet) Mumbai, nutrisi di dalam buah tidak dapat diserap dengan baik dan benar, hal ini karena fruktosa (gula buah) sulit untuk di metabolisme dalam tubuh sehingga mengakibatkan iritasi pada lapisan usus kita.

Nah, itu beberapa makanan yang harus anda hindari ketika waktu berbuka tiba, jelilah dalam memilih makanan supaya kesehatan tubuh dan ibadah puasa anda lancar. (*)

 

Komentar

Indeks Berita