Pencari Getah Damar Dihadang Harimau, Untung Hidupkan Api dan Panjat Pohon, Begini Kisahnya

Pencari Getah Damar Dihadang Harimau, Untung Hidupkan Api dan Panjat Pohon, Begini Kisahnya

 ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG — Lima orang pencari getah damar di kawasan hutan tenggulun yang berbatasan dengan hutan lauser Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang dihadang harimau  sumatera saat berada dalam hutan.

Kelima warga tersebut, Roy Mansyah (37), Ahyar Madani (29), Edo Pratama (28), Agunga Prasetiyo (24) dan Edi Prawoto (48) semuanya berprofesi petani dan warga Dusun Suka Mulia II Kampung Tenggulun.

Mereka nyaris jadi mangsa harimau, untung para pencari getah damar ini menghidupkan api unggul dan panjat pohon sehingga macan hutan itu tertahan tidak berani mendekat sambil menunggu pertolongan warga kampung.

Kapolres Aceh Tamiang melalui Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Hendra Sukmana dikonfirmasi, Jumat (19/6/2020)  mengatakan, kelima pencari gatah damar ini di hadang harimau saat mereka pulang mencari getah damar.

“Mereka berpapasan dengan harimau di hutan pinggir Kampung Tenggulun,” ujar Kapolsek..

Dijelaskan, kelima petani ini pada Kamis (18/6/2020) berangkat mencari getah kayu damar ke hutan tenggulun sekira pukul 12.00 Wib, namun saat pulang sore harinya sekira pukul 17.30 Wib, ketika mau mengambil sepeda motor roda dua yang mereka parkirkan dipinggir kampung, tiba-tiba muncul harimau di depan mereka berjarak sekira 30 meter.

“Mereka berusaha mengusir harimau ini namun harimau berjenis laki-laki tersebut malah mendekat sehingga pencari getah damar ini menjadi takut dan mencoba membuat Api unggul dengan alat seadanya serta memanjat pohon agar aman dari serangan harimau tersebut,” ujar Kapolsek.

Selanjutnya, salah satu dari mereka menghubungi Kepala Dusun Suka Mulya, Trimo  menggunakan HP meminta pertolongan.

Mengetahui informasi tersebut, lanjut Iptu Hendra, anggota Polsek Kejuruan Muda, perangkat kampung, pihak BKSDA dan Pos polisi Simpang Kiri, sore hari itu juga menyusul lokasi pinggir hutan kampung untuk menyelamatkan kelima warga tersebut.

Di sana, warga menggunakan mercon mengusir harimau dan kelima pencari getah damar tersebutpun selamat dari hadangan harimau. (*)