Penasaran Akun yang Dilapor Ahok? Klik di Sini

Penasaran Akun Dilapor Ahok? Klik di Sini

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok melaporkan akun Instagram @ito.kurnia dan @an7a_s679 ke Polda Metro Jaya.

Akun dilapor Ahok tersebut dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik Ahok dan keluarga.

Laporan itu teregister dengan nomor TBL/2865/V/YAN2.5/2020/SPKTPMJT tanggal 17 Mei 2020. Laporan tersebut dibuat oleh kuasa hukum Ahok, Ahmad Ramzy Baabud.

Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik sebagaimana Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP. Terlapor disebut masih dalam penyelidikan.

Ditelusuri detikcom, Kamis (30/7/2020), akun @an7a_s679 sudah menghilang. Sedangkan akun @ito.kurnia masih aktif dengan posting-an terakhir dua hari lalu.

Akun @ito.kurnia itu mengunggah sejumlah foto editan tentang Ahok dan keluarga. Ada foto Ahok yang disandingkan dengan mantan istrinya, Veronica Tan, dan ada pula foto Ahok bersama istrinya saat ini, Puput Nastiti Devi.

Foto-foto itu juga disertai dengan beragam narasi yang disebut oleh pengacara Ahok telah mencemarkan nama baik kliennya. Tak hanya Ahok, akun @ito.kurnia juga disebut telah menjelek-jelekan istri Ahok, Puput Nastiti Devi.

“Pencemaran nama baik pak BTP dan keluarga,” ujar Ramzy saat dihubungi.

Namun Ramzy belum merinci kronologis kasus dugaan pencemaran nama baik tersebut. Dia menunggu keterangan resmi dari Polda Metro Jaya.

“Biar Polda aja yang rilis dulu. Soal pelaku itu nanti biar Polda dulu aja yang ngomong ya,” kata Ramzy.

Ahok Lapor Polisi

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahja Purnama alias Ahok melaporkan kasus pencemaran nama baik yang menimpanya.

Ahok lewat pengacaranya melaporkan perkara tersebut ke Polda Metro Jaya.

“Pencemaran nama baik di medsos lah ya. Itu aja prinsipnya dan Pak BTP kasih kuasa ke saya untuk membuat laporan polisi tanggal 17 Mei lalu,” kata kuasa hukum Ahok, Ahmad Ramzy, ketika dihubungi detikcom, Kamis (30/7/2020).

Laporan tersebut terdaftar di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dengan nomor polisi LP/2885/V/YAN 25/2020/SPKT PMJ/Tanggal: 17 Mei 2020.

Dalam laporan polisi tertanggal 17 Mei tersebut, disebutkan perkara yang diadukan ialah pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Terkait kronologi kasus tersebut dan bukti hasil pencemaran baik yang dilakukan pelaku kepada Ahok, pihak pengacara Ahok masih enggan membeberkan hal tersebut.

Dia mengatakan akan menunggu rilis dari Polda Metro Jaya terkait penyelidikan kasus itu.

“Biar Polda aja yang rilis dulu. Soal pelaku itu nanti biar Polda dulu aja yang ngomong ya,” tukasnya.  (*)