Pemuda yang Disyahadatkan Haji Uma Kini Menimba Ilmu di Pesantren, Dulu Berkacak Pinggang, Sekarang Cium Tangan Guru

ACEHSATU.COM | ACEH UTARA —  Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman alias Haji Uma membawa Samsul Bahri (22) ke sebuah pesantren di Kabupaten Bireuen, Selasa (11/2/2020).

Samsul berasal dari Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Samsul  disyahadatkan kembali oleh Haji Uma sudah dibawa ke salah satu dayah di Kabupaten Bireuen untuk menempuh pendidikan agama dan umum.

Pada Minggu (9/2/2020), Haji Uma mempertemukan Samsul dengan neneknya dan keluarganya serta masyarakat di kawasan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Seperti diketahui, Haji Uma telah mensyahadatkan kembali Samsul yang sebelumnya dikabarkan pindah agama.

Dalam perjalanan, Samsul menyebutkan ia ingin bisa mengenyam pendidikan.

Bahkan, keinginannya untuk memiliki sepeda motor (sepmor) tidak ia hiraukan lagi.

“Ia mengaku senang di tempat di dayah tersebut dan langsung bisa  bisa berbaur dengan santri,” kata  Haji Uma.

Bahkan, sudah terlihat perubahan ketika sampai di dayah tersebut. Misalnya, ketika bersalamah dengan guru di dayah itu mulai menunduk dan mencium tangan.

Sedangkan sebelumnya ketika bertemu pertama kali di Jakarta bersalaman dengan berkacak pinggang.

Untuk tahap pertama, Samsul akan menginap di bilik dayah para guru dan untuk makan sementara waktu di rumah pimpinan dayah.

Karena Samsul harus mendapat pembinaan khusus.

Dalam kesempatan itu Haji Uma yang mendapat kesempatan untuk menyampaikan sambutan berharap kepada semua santri dan masyarakat nantinya yang bertemu dengan Samsul tidak menyebutkan kata-kata yang dapat menyinggung hati dan perasaannya.

“Informasi terbaru dari pihak dayah, pada subuhnya SB sudah mulai mengikuti shalat berjamaah dan sudah mulai mengikuti pengajian. Saya sangat senang mendengar informasi tersebut dari pihak dayah,” kata Haji Uma. (*