Pemuda Gampong Tanjung Selamat Peringati Maulid Hari Ini

Grup Zikir Maulid Nurul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat, Kamis (29/10/2020)/Foto: ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM, ACEH BESAR – Pemuda Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Aceh Besar melakukan kenduri dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1442 H yang digelar di halaman Masjid Babul Maghfirah, Kamis (28/10/2020).

Ketua Pemuda Tanjung Selamat, Jufri, S.I.Kom berinisiatif melaksanakan kegiatan tersebut dengan bekerja sama dengan aparatur gampong, Tuha Peut, dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM), serta masyarakat.

Kenduri maulid digelar secara sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana disyaratkan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah atas dukungan seluruh elemen masyarakat dan Keuchik, Tuha Peuet, serta BKM, kami pemuda Tanjung Selamat telah melakukan sedikit kenduri maulid pada tahun ini.” kata Jufri.

Perayaan maulid nabi bagi warga Tanjung Selamat sebenarnya bukanlah hal baru. Biasanya acara ini digelar setiap tahun dan masyarakat berbondong-bondong untuk melakukan kenduri, membawa idang ke masjid dan makan bersama dengan undangan gampong tetangga di halaman Masjid Babul Maghfirah.

Namun karena tahun ini situasi Covid-19 maka kenduri diadakan secara sederhana dan terbatas.

Jufri menginformasikan bahwa Maulid kali ini pihaknya tidak mengundang tamu dari desa tetangga sebagaimana biasa dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan massa dan sulit untuk menjaga jarak.

“Kenduri kali ini dari kita untuk kita, tidak ada tamu dari desa lain yang kita undang”, tambah Jufri didampingi Wakil Ketua, Fadhli Nurdin.

Penyantunan Anak Yatim

Selain kenduri dan makan bersama. Kegiatan lain nya juga melakukan penyantunan anak yatim-piatu oleh Baitul Mal Gampong (BMG) Tanjung Selamat. Sebanyak 15 anak yatim-piatu yang berhak menerima santunan diundang oleh Pengurus Baitul Mal untuk penyerahan dana santunan.

Drs.Tgk.H. M. Aji Adam, Ketua BMG Tanjung Selamat merasa sangat bersyukur bisa ikut memberikan santunan kepada anak-anak yatim-piatu pada momen Maulid. Padahal biasanya hanya dilakukan pada saat menjelang lebaran saja.

“Alhamdulillah kita bisa berbagi dengan anak-anak kita pada bulan maulid tahun ini. Dan santunan ini sendiri merupakan sumbangan para donatur, masyarakat, dan orang-orang yang peduli pada anak-anak yatim-piatu melalui Baitul Mal,” ujar Tgk Aji.

Kemeriahan Maulid Pemuda Tanjung Selamat semakin terasa ketika Grup Zikir Maulid (Grup Likee) Nurul Maghfirah membaca berzanji dan bershalawat kepada Baginda Rasulullah Saw. Suasana haru mengiringi setiap orang yang hadir menyaksikan penampilan grup tersebut. (*)