Pemko Sabang Belajar Pengololaan Kerajinan Eceng Gondok ke Aceh Barat

"Apabila ada hasil komoditi yang sama, kita bisa saling bekerjasama dan saling berbagi informasi sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi,"
Pemko Sabang Belajar Pengololaan Kerajinan Eceng
"Apabila ada hasil komoditi yang sama, kita bisa saling bekerjasama dan saling berbagi informasi sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi,"

ACEHSATU.COM | Meulaboh – Pemko Sabang Belajar Pengololaan Kerajinan Eceng Gondok ke Aceh Barat. Pemerintah Kota Sabang melakukan koordinasi dan konsultasi terkait pengelolaan kerajinan eceng gondok di Kabupaten Aceh Barat, sebagai upaya meningkatkan perekonomian di daerah itu.

Wakil Walikota Sabang Aceh H Suradji Junus di Meulaboh, Aceh Barat, Selasa mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Barat yang bersedia untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dalam pengelolaan kerajinan enceng gondok.

Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi referensi yang bagus bagi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Sabang nantinya.

Ia berharap Pemkot Sabang dan Pemkab Aceh Barat bisa saling berkolaborasi untuk mengembangkan segala potensi yang di miliki oleh daerah masing-masing di berbagai sektor.

“Apabila ada hasil komoditi yang sama, kita bisa saling bekerjasama dan saling berbagi informasi sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi,” ucap Suradji.

Selain itu, Pemkot Sabang juga siap untuk membantu pengembangan pariwisata di Kabupaten Aceh barat. 

Menurutnya, selain hasil alam yang melimpah, sektor pariwisata di Aceh Barat pun memiliki potensi besar untuk dikembangkan, baik wisata alam, wisata Islami, maupun wisata kuliner khas daerah.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Bismi mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan Wakil Walikota Sabang ke Kabupaten Aceh Barat. 

Menurutnya, selain mempererat tali silaturahmi, pertemuan ini juga menjadi ajang untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal pengembangan potensi ekonomi daerah ujarnya.

“Aceh Barat dan Sabang memiliki hasil alam dan komoditi melimpah yang bisa dikembangkan menjadi sebuah produk dengan nilai ekonomis tinggi,” kata Bismi.

Salah satunya adalah enceng gondok yang bisa dikreasikan menjadi kerajinan tangan yang cantik, estetik, dan bernilai jual tinggi. 

Selain itu, olahan eceng gondok juga bisa digunakan untuk campuran pakan ternak, diolah menjadi bahan pembuatan biogas, serta diolah untuk bahan baku pembuatan briket.

Ia berharap Pemkab Aceh Barat dan Pemerintah Kota Sabang bisa saling bekerjasama dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki daerah, baik di sektor pariwisata, perkebunan, pertanian, peternakan, ekonomi kreatif, serta sektor lainnya yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, katanya mengharapkan.