Pemko Banda Aceh Terima 4.760 Dosis Vaksin Moderna dan 7.500 Sinovac

Pemerintah Kota Banda Aceh mendapatkan distribusi sebanyak 4.760 dosis vaksin Moderna serta 7.500 vaksin merek Sinovac dari tim Satgas COVID-19 Pemerintah Aceh.
Pemko Banda Aceh
Arsip foto - Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh mendapatkan distribusi sebanyak 4.760 dosis vaksin Moderna serta 7.500 vaksin merek Sinovac dari tim Satgas COVID-19 Pemerintah Aceh.

“Kita Banda Aceh mendapatkan 4.760 dosis vaksin Moderna dan juga 7.500 vaksin Sinovac,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Lukman, di Banda Aceh, Sabtu.

Lukman mengatakan, dosis vaksin Moderna tersebut dikhususkan untuk para tenaga kesehatan (nakes) sebagai booster atau vaksinasi dosis ketiga. Di mana untuk tenaga kesehatan yang bekerja di tempat pelayanan kesehatan, asisten tenaga kesehatan.

Pemko Banda Aceh
Arsip foto – Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww)

“Serta juga untuk petugas penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua Sinovac minimal 3 bulan sebelum nantinya vaksinasi dosis ketiga,” ujarnya.

Menurut Lukman, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19 membutuhkan imunitas yang kuat. Apalagi saat ini ada banyak macam COVID-19 varian baru dengan penularan tinggi.

“Untuk pelaksanaan penyuntikannya akan dilaksanakan mulai minggu kedua bulan Agustus ini,” katanya.

Sementara untuk vaksin Sinovac, lanjut Lukman, nantinya diperuntukkan bagi masyarakat rentan, remaja yang berusia 12 sampai 17 tahun, warga lansia, ibu hamil, dan masyarakat umum guna mempercepat capaian vaksinasi di Kota Banda Aceh.

"Pelaksanaan vaksin untuk masyarakat ini tersedia di 30 fasilitas kesehatan di Banda Aceh mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit," ujar Lukman.

Dalam kesempatan ini, Lukman juga menegaskan bahwa setiap rumah sakit rujukan COVID-19 dan Puskesmas di Banda Aceh diminta sudah dapat menyiapkan cold chain guna menyimpan vaksin booster sebelum disuntikkan kepada para tenaga kesehatan. (*)