Pemkab Nagan Raya Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan 0,83 Persen di Tahun 2022

"Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, diperlukan langkah-langkah kongkrit dalam percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem,"
Pj Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhasa
Pj Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas. (HO-Dok Pemkab Nagan Raya)

ACEHSATU.COM | Nagan Raya – Laporan Pemerintah Daerah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 0,83 persen di tahun 2022 dengan jumlah total penduduk miskin di daerah tersebut sebanyak 29.630 jiwa.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nagan Raya, Rahmatullah, menerangkan bahwa “Keberhasilan penurunan angka kemiskinan ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan di Nagan Raya,” Selasa, (24/1/2023).

Hal ini disampaikan Rahmatullah saat menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pengentasan Kemiskinan Kabupaten Nagan Raya di Aula Bappeda, di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Menurut Rahmatullah, meski Nagan Raya berada di urutan ke delapan angka kemiskinan di Provinsi Aceh, namun pemerintah daerah tetap berupaya terus mengentaskan kemiskinan di daerah ini.

“Walaupun pada tahun 2022 angka kemiskinan kita turun sebesar 0,83 persen dengan jumlah penduduk miskin 29.630 jiwa, agar angka kemiskinan turun perlu dilakukan identifikasi,” Tambah Rahmatullah.

Selain itu, pemerintah daerah saat ini juga melakukan pemetaan untuk pengentasan kemiskinan dan melakukan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan bagi masyarakat di daerah ini, dengan menghimpun masukan dari seluruh komponen masyarakat.

Sementara itu, Penjabat Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas mengatakan salah satu indikator makro keberhasilan pembangunan daerah adalah turunnya angka kemiskinan. 

“Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, diperlukan langkah-langkah kongkrit dalam percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem,” kata Fitriany Farhas.

Pj Bupati Fitriany Farhas mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Nagan Raya terus berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan, dengan salah satu upaya yaitu mengendalikan inflasi di daerah.