Pemkab Bireuen Berpartisipasi Laksanakan Diseminasi Penanganan Covid-19

Pemkab Bireuen melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian berpartisipasi melaksanakan diseminasi informasi dan komunikasi publik penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, kepada masyarakat luas di seluruh Indonesia.
Pemkab Bireuen
Kadiskominsa Bireuen M Zubair SH MH dan Kadinkes dr Irwan A Gani nara sumber Webiner melalui Zoom, di Oproom Pendopo Bupati Bireuen, Jumat (20/11/2020) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Pemkab Bireuen melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian berpartisipasi melaksanakan diseminasi informasi dan komunikasi publik penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, kepada masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Kegiatan itu dilaksanakan melalui Webinar Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik Penananganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tema “Vaksinasi Dewasa Tingkatkan Imun Tubuh,” melalui Zoom, di Oproom Pendopo Bupati Bireuen, Jumat (20/11/2020) pagi.

Dengan narasumber M Zubair SH MH sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian dan dr Irwan A Gani kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, ujar Kadiskominsa Bireuen, M Zubair SH MH kepada Acehsatu.Com, Jumat (20/11/2020) siang.

Dijelaskan, kegiatan webinar merupakan program Kementerian Kominfo melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sebagai kemitraan yang bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota.

Sebagai institusi yang menyelenggarakan fungsi pelayan/penyebaran informasi bagi masyarakat. Webinar berlangsung Jumat (20/11/2020) diikuti oleh peserta seluruh Indonesia topik “Menangkal Disinformasi Tentang Vaksin Covid-19,” disampaikan M Zubair SH MH dan dr Irwan A Gani, topik “Imunisasi Dewasa Tingkatkan Imun Tubuh,”.

M Zubair dalam paparannya menjelaskan dalam situasi pandemi Covid-19 ini dan saat pemerintah sedang berusaha maksimal menemukan vaksin sebagai penangkal penyebaran virus tersebut, bermacam-macam informasi simpang siur membingungkan masyarakat disebarkan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

“Untuk itu, diseminasi informasi publik penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional itu adalah sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa tenang,” terangnya.

Disampaikan juga mengingat informasi-informasi hoax atau palsu tersebut umumnya disebar melalui media sosial, perlu dilaksanakan litersi digital sehingga masyarakat mempunyai pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi/jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya, pungkas M Zubair.

Pemkab Bireuen
Kadiskominsa Bireuen M Zubair SH MH dan Kadinkes dr Irwan A Gani nara sumber Webiner melalui Zoom, di Oproom Pendopo Bupati Bireuen, Jumat (20/11/2020) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Kadinkes dr Irwan A Gani saat paparannya menjelaskan bahwa imunisasi merupakan pelindung diri dari kemungkinan tertular penyakit dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh terhadap penyakit tertentu.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, oleh sebab itu imunitas harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Pemberian imunisasi Covid-19 nantinya disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat merupakan upaya akselarasi penanggulagan pandemi.

Di akhir pemaparan materi webinar juga ada tanya jawab untuk lebih memperjelas mengenai materi disampaikan masing-masing nara sumber, bagi peserta dibagi doorpize dan diberi sertifikat. Kepada yang tidak sempat ikuti kegiatan itu dapat dibuka kembali pada youtube http//s,id/webinar-kpcpen, jelas Kadiskominsa Bireuen. (*)