Pemkab Aceh Besar Akan Daftarkan Ribuan PPNPN ke BPJS Kesehatan

0
2

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH –  Dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar akan mendaftarkan sekitar 1500 PPNPN ke BPJS Kesehatan untuk diikut sertakan dalam Program JKN-KIS.

Sebelum pendaftaran tersebut dilakukan, BPJS Kesehatan terlebih dahulu mengadakan sosialisasi mengenai tata cara pendaftaran PPNPN oleh masing-masing penanggung jawab (PIC) di setiap satuan kerja (satker) pada Jum’at (21/6/2019) di Aceh Besar.

Dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar akan mendaftarkan sekitar 1500 PPNPN ke BPJS Kesehatan untuk diikut sertakan dalam Program JKN-KIS | Foto Rq

“Dengan akan dilakukan pendaftaran ini, membuktikan bahwa Pemkab Aceh Besar melalui upaya protection yang artinya memberikan perlindungan kesehatan kepada para pekerja yang bekerja sebagai PPNPN dan compliance yang artinya telah melaksanakan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan karena sebelumnya Kabupaten Aceh Besar memang telah mendaftarkan PPNPN nya ke BPJS Kesehatan namun sempat terhenti di Desember 2018 dan merupakan satu-satunya Kabupaten di Aceh yang melakukan pendaftaran tersebut,” ungkap Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, T.M. Afandy pada sosialisasi tersebut.

Dihadapan peserta sosialisasi yang dihadiri oleh 70 orang PIC dari berbagai Satker di Aceh Besar ini, ia mengatakan nantinya akan ada Keputusan Bupati Aceh Besar untuk mendaftarkan PPNPN tersebut.

Dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar akan mendaftarkan sekitar 1500 PPNPN ke BPJS Kesehatan untuk diikut sertakan dalam Program JKN-KIS | Foto Rq

Sementara itu Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Kahar Muzakar menjelaskan tata cara pendaftaran peserta PPNPN yang dilakukan oleh PIC masing-masing satker.

“Pertemuan hari ini membahas bagaimana Pemkab Aceh Besar siap untuk mendaftarkan PPNPN ke BPJS Kesehatan dan membayar iuran, yang pertama sekali dilakukan oleh PIC masing-masing satker adalah mengumpulkan fotocopy KK dan SK pengangkatan sebagai PPNPN serta mengisi formulir yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan kemudian menyerahkannya kepada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Besar untuk selanjutnya BPKD menyampaikan data tersebut ke BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Besar, Arifin mengungkapkan kegiatan pada hari ini dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Umum masing-masing satker yang nantinya akan mendata kembali jumlah PPNPN agar mendapatkan data yang paling terbaru sehingga dapat dituangkan didalam Keputusan Bupati. (rq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here