Banda Aceh

Pemerintah Turki Nyatakan Komitmen Investasi Bidang Energi di Aceh

Pemerintah turki berkomitmen untuk membantu Aceh dalam segala hal asal tidak bertentangan dengan perundang undangan indonesia.

Acehsatu.com | Tompi

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Wakil Perdana Menteri Turki Fikri Isik menyatakan komitmennya tentang investasi turki di Aceh dalam bidang enegi.

Hal tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke Aceh  pada makan bersama di Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (13/10/2017).

Turki Fikri Isik mengatakan bahwa pemerintah turki berkomitmen untuk membantu Aceh dalam segala hal asal tidak bertentangan dengan perundang undangan indonesia, kata  Turki Fikri Isik yang berbicara dalam Bahasa Turki lalu diterjemahkan oleh penerjemah.

Sementara itu Gubernur Aceh Irwandi Yusuf  menyebutkan, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tenaga gas dari turki telah menandatangai MoU dengan pemerintah Aceh. Perusahaan tersebut rencananya akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu, lanjut Irwandi, perusahaan Hitai energi yang bergerak dalam bidang exploitasi  geotermal dulunya juga telah membuat MoU dengan pemerintah Aceh.

Direncakan perusahan tersebut akan beroperasi di kawasan gunung api Gunong Geuredong di bener meriah. “Untuk itu saya telah meminta menteri esdm untuk mengeluarkan surat perintah kerja tambah Irwandi gubernur Aceh”

Kepala Biro Humas dan Protokol Aceh Mulyadi Nurdin sebelumnya mengatakan kunjungan Wakil Perdana Menteri Turki merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Gubernur Irwandi Yusuf ke Turki akhir bulan lalu.

Selama di Aceh Perdana Menteri Turki juga dijadwalkan mengunjungi Museum Tsunami Aceh, perumahan Turki, makam Tengku Salahuddin di Bitay, dan kompleks Istanbul Orphanage Complex.

To Top