Pemerintah Aceh Usulkan Teuku Abdul Hamid Azwar Sebagai Pahlawan Nasional

Teuku Abdul Hamid Azwar
Foto Dok Humas Aceh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menggelar seminar tingkat provinsi Aceh terhadap Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional, Banda Aceh, Jumat 16 Maret 2021 di Aula dinas setempat.

Seminar tersebut dihadiri oleh puluhan masyarakat, kemudian secara daring juga mendapat sambutan antusias yang disaksikan oleh ratusan masyarakat yang meng akses secara daring.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal dalam sambutannya mengatakan, seminar tersebut merupakan salah satu persyaratan agar Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar bisa diajukan kepada pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Kegiatan seminar ini untuk memenuhi persyaratan penetapan Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional,” kata Yusrizal.

Yusrizal menyampaikan, seminar tersebut dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang sosok Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar serta perjalanan perjuangan dirinya merebut kemerdekaan. “Seminar juga bisa membuka lebih luas riwayat perjuangan Teuku Abdul Hamid Azwar saat berjuang mengusir penjajah,” ujarnya.

Disamping itu, yusrizal berharap seminar itu membuka tabir tentang kiprah putra terbaik Aceh dalam mempertahankan NKRI pasca kemerdekaan, maupun keterlibatannya dalam merebut kemerdekaan.

“Rekomendasi akan kita disampaikan kepada pemerintah pusat di Jakarta bahwa Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar layak dinobatkan menjadi pahlawan nasional dari Aceh,” kata Yusrizal.

Sementara itu, Gubernur Aceh dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Politik Kamaruddin Andalah mengatakan, pemerintah menyambut baik penyelenggaraan seminar tingkat Provinsi Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai Pahlawan Nasional.

“Terima kasih tak terhingga kepada para panitia yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan seminar pada hari ini dapat terlaksana. para peserta kiranya dapat mengikuti seminar ini dengan seksama dan semua pihak diharapkan berpartisipasi dan terlibat aktif memberikan kontribusi dan pemikiran sehingga nantinya dapat melahirkan rekomendasi agar Letnan Kolonel TNI (Purn) Abdul Hamid Azwar segera ditetapkan sebagai pahlawan Nasional oleh pemerintah pusat,” ujar Kamaruddin.

Lebih lanjut, Kamaruddin menjelaskan, diantara sekian banyak perintis, pahlawan dan pejuang kemerdekaan asal Aceh, hanya delapan orang yang telah dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah, yaitu Tgk. Chik di Tiro (1836-1891), Teuku Umar (1854-1899), Teuku Nyak Arief (1899-1946), Sultan Iskandar Muda (1590-1636), Tjut Nyak Dhien (1848-1908), Tjut  Nyak Meutia (1870-1910), Mr. Teuku Muhammad Hasan (1906-1997) dan yang teralhir Laksamana Malahayati (1596).

“Sederetan nama pejuang lain asal Aceh  termasuk Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar dan lain-lainnya, belum ditetapkan pemerintah sebagai pahlawan nasional. kita tentunya berharap akan banyak lagi pejuang Aceh yang diberikan gelar pahlawan Nasional” sebutnya.

Seminar ini menghadirkan tiga pemateri yakni Joko Irianto (Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial RI), Hermansyah (Filolog dan Peneliti di PUSAKA UIN Ar-Raniry), dan Adli Abdullah (Akademisi).

Sekilas Tentang usulan Letnan Kolonel Teuku Abdul Hamid Azwar