Berita Lainnya

Hukum

Politik

ACEHSATU.COM Pemerintah Aceh mengusulkan pelaksanaan PON 2024 ditunda satu tahun. Usulan penundaan dilakukan agar tuan rumah Aceh-Sumatera Utara memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan.

“Memang ada wacana kemarin rapat kita terakhir di Medan dengan Menpora Zainuddin Amali, kita mengusulkan PON ini ditunda satu tahun,” kata Kadispora Aceh Dedy Yuswadi kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, PON Papua sebelumnya sempat ditunda selama satu tahun sehingga digelar pada 2021 lalu. Dia berharap PON Aceh-Sumut dilaksanakan pada 2025 karena event olah raga terbesar itu digelar empat tahun sekali.

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus melakukan berbagai persiapan termasuk merehab sejumlah venue. Pihak Kementerian PUPR disebut baru menganggarkan anggaran untuk rehab venue yang sudah ada.

“Untuk venue baru belum ada, tapi kita tetap mengusahakan mudah-mudahan pemerintah pusat bisa mengakomodir apa yang ingin ajukan,” jelasnya.

Salah satu venue baru yang akan dibangun yakni stadion. Anggaran dan pembangunan stadion yang direncanakan untuk pembukaan itu dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Namun hingga kini Dedy belum dapat memastikan apakah stadion itu akan dibangun atau tidak. Pihaknya masih terus melobi kementerian terkait.

“Saya belum bisa pastikan masalah tidak dibangun atau akan dibangun tapi kita tetap meminta untuk dibangun baru. Kita terus melakukan lobi-lobi sampai hari ini kita telah lobi Kementerian PUPR karena anggarannya di kementerian,” ujarnya. (*)