Pembukaan PON XXI 2024 Resmi Digelar di Provinsi Aceh, Penutupan di Sumut

Pembukaan PON XXI 2024 Resmi Digelar di Provinsi Aceh, Penutupan di Sumut. Pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 bakal digelar di Tanah Rencong. Keputusan itu berdasarkan hasil kesepakatan pada 2017 lalu.
Pembukaan PON XXI 2024 Digelar di Aceh, Penutupan di Sumut Baca artikel detiknews, "Pembukaan PON XXI 2024 Digelar di Aceh, Penutupan di Sumut" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5922663/pembukaan-pon-xxi-2024-digelar-di-aceh-penutupan-di-sumut. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pembukaan PON XXI 2024 Resmi Digelar di Provinsi Aceh, Penutupan di Sumut. Pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 bakal digelar di Tanah Rencong. Keputusan itu berdasarkan hasil kesepakatan pada 2017 lalu.

ACEHSATU.COM | Aceh – Pembukaan PON XXI 2024 Resmi Digelar di Provinsi Aceh, Penutupan di Sumut. Pembukaan PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 bakal digelar di Tanah Rencong. Keputusan itu berdasarkan hasil kesepakatan pada 2017 lalu.

“Kesepakatan tersebut diteken langsung oleh gubernur kedua provinsi saat itu, yaitu Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA dalam keterangan kepada wartawan, Senin (31/1/2022).

Dalam kesepakatan itu disebutkan pembukaan digelar di Aceh dan penutupan di Sumut. Kesepakatan itu tertuang dalam surat tentang penyelenggaraan bersama tuan rumah PON 2024 yang diteken 6 November 2017 lalu.

“Kesepakatan bersama ini berlaku sejak diteken oleh kedua pihak hingga selesainya penyelenggaraan PON XXI 2024, hal ini tertulis jelas dalam pasal lima,” ujar Muhammad.

Muhammad berharap, semua pihak berpegang teguh pada keputusan bersama tersebut. Hal tersebut dinilai penting agar tidak terjadinya gangguan pada proses persiapan dan pelaksanaan lanjutan agenda tersebut.

“Kita tak ingin berpolemik terkait pernyataan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mengatakan pembukaan PON akan digelar di Sumut dan penutupan di Aceh,” ujar Muhammad.

“Mungkin beliau belum mendapatkan informasi yang utuh dari bawahannya terkait kesepakatan PON XXI Aceh-Sumut, apalagi saat itu beliau belum memimpin,” lanjut Muhammad.

Berita sebelum nya telah kami tayang kan bahwa:

Aceh Tuan Rumah PON 2024
Aceh dan Sumatera Utara mendapat SK penetapan menjadi tuan rumah PON 2024. (Foto: detikcom/Mercy Raya)

Aceh Tuan Rumah PON 2024, SK Penetapan Terbit

Provinsi Aceh menjadi tuan rumah PON 2024 (Pekan Olahraga Nasional) bersama Sumatera Utara. Kedua provinsi itu diminta segera berbenah menyambut kesiapan PON 2024.

Kepastian itu datang setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Menpora bernomor 71 tahun 2020. SK itu diberikan langsung Ketua KONI Pusat Marciano Norman kepada Kadispora Aceh, Dedy Yuswadi, bersama Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Utara, Sabrina.

Penyerahan SK itu berlangsung di Wisma Kemenpora, Senayan, Kamis (19/11/2020). Hadir menyaksikan Menpora Zainudin Amali dan jajaran dari Kemenpora.

Pesepeda Kampanyekan Pencegahan Covid-19
Ilustrasi event tour de Sabang 2021. Foto Humas Aceh

Selanjutnya Persiapkan Atlet Sepeda Aceh Menuju PON 2024, Pemerintah Aceh Gelar Event Tour de Sabang

Dalam rangka meningkatkan prestasi atlet pesepeda menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, Pemerintah Aceh akan menggelar event tour de Sabang 2021 berskala Nasional.

Event tour de Sabang ini dilaksanakan pada 26-27 November 2021, dengan pendaftaran tanpa dipungut biaya baik itu peserta dari Aceh maupun luar Aceh. Kecuali bagi mereka yang ingin difasilitasi, mulai kedatangan di bandara hingga saat kembali, ujar Kasi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh Muksalmina pada Kamis (18/11/2021) seperti dikutip situs Antara.com

“Event ini juga dalam rangka meningkatkan prestasi atlet pesepeda Aceh menuju PON Aceh-Sumut 2024,” kata Kasi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh Muksalmina,

Event tour de Sabang ini akan dilaksanakan pada 26-27 November 2021 tanpa biaya pendaftaran atau tidak dipungut biaya, baik itu peserta dari Aceh maupun luar Aceh. Kecuali bagi mereka yang ingin difasilitasi, mulai kedatangan di bandara hingga saat kembali, ujar Kasi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh.