Pembangunan Polres Pidie Jaya Tahap Pertama Rampung

Pembangunan Pidie Jaya di Kecamatan Trienggadeng tahap pertama kini selesai dilakukan.
Polres Pidie Jaya
Pembangunan Mako Polres Pijay tahap pertama senilai Tp 4,7 Milyar kini selesai. Acehsatu.com/ Abdullah Gani

ACEHSATU.COM | PIDIE JAYA – Pembangunan Polres Pidie Jaya di Kecamatan Trienggadeng tahap pertama kini selesai dilakukan.

Untuk pembangunan tahap berikutnya dibutuhkan dana puluhan miliar rupiah  dan diharapkan tersedia di tahun 2021 mendatang.

“Anggaran untuk pembangunan lanjutan sudah kita usulkan melalui APBN,” kata Rizal Fikar ST, Kadis PU setempat.

Bangunan yang terletak di Gampong Tungkluet Trienggadeng, akhir Oktober lalu atau tepatnya, Rabu (28/10/2020) sudah pernah ditinjau Karo Logistik Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi (Kombespol), Drs Imam Prakuso atas nama Kapolda Aceh, bersama beberapa stafnya.

Prakuso didampingi Kapolres Pijay, AKBP Musbagh Ni’am S.Ag, SH, MH dan sejumlah Kasad, Kabid Cipta Karya Dinas PU serta rekanan.

Begitu tiba di lokasi, rombongan Polda bersama Kapolres Pidie Jaya serta sejumlah perwira langsung memasuki komplek area proyek pembangunan yang kala itu sedang gencar dikerjakan.

Setelah beberapa saat melihat-lihat proses pengerjaan, lalu Imam bersama Kapolres Pijay mendapat penjelasan dari Harmius pihak rekanan yang menangani proyek dimaksud.

Disebutkan Harmius, bahwa pembangunan tahap pertama dengan dana Rp 4,7 milyar dijadwalkan pertengahan November 2020 rampung.

Polres Pidie Jaya
Pembangunan Mako Polres Pijay tahap pertama senilai Tp 4,7 Milyar kini selesai. Acehsatu.com/ Abdullah Gani

Dana sebesar itu, lanjut Armius, bersumber dari APBK TA 2020.

Di alokasikan untuk tapak bangunan atau pondasi plus pengecoran tiang.

Sementara saat ditinjau tim Polda progresnya sudah mencapai 80 persen.

“Alhamdulillah, sekarang ini sudah selesai,” imbuh Harmius, Senin (14/12/2020) sembari menyebutkan untuk pembangunan lanjutan hingga proyek itu rampung, membutuhkan puluhan miliar rupiah.

“Untuk tahap lanjutan hingga rampung butu dana sekitar Rp 30 milyar,” kata Harmius.

Selain untuk bangunan utama atau Mako Polres juga  untuk membangunan rumah dinas Kapolres dan Wakapolres serta beberapa fasilitas lainnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres juga memperlihatkan lokasi rencana pembangunan fasilitas lain termasuk juga kebun buah di bagian belakang  bangunan induk.

Karo Logistik, Imam Prakuso bersama Staf Biro Logistik Polda Aceh, AKP, Rizky  Wahyudi SH serta Kapolres setempat, mengaku puas dan lega  mengamati proyek yang sedang dibangun.

“Mudah-mudahan Mako Polres Pidie Jaya ini selesai dalam dua tahun anggaran,” kata Imam Prakoso diamini Kapolres dan rombongan. Kadis PU Pidie jaya, Rizal Fikar ST yang dikonfirmasi Acehsatu.com menyebutkan, untuk kelanjutan pembangunan, pihaknya sudah mengusulkan dana sekitar Rp 30 miliar.

Dengan harapan terkabul di tahun 2021.

Sebagaimana diketahui, komplek seluas hampir empat hektare terletak di Gampong Tungkluet-Trienggadeng lintas jalan Nasional Banda Aceh-Medan.

Amatan Acehsatu.com, Senin (14/12/2020) pembangunan tahap pertama Mako Polres sudah selesai dikerjakan PT Alaska Saho Adab.

Begitu pula pembangunan jembatan Keude Luengputu-Simpang Blang Gapu  Kecamatan Bandarbaru sumber dana DOKA sebesar Rp 9,7  milyar.  

“Kedua proyek yang kita tangani itu kini sudah rampung hingga seratus persen,” kata Harmius dengan nada lega. (*)