Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Lahan RSUZA, Sempat Ditolak di Aceh Besar

Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Lahan RSUZA, Sempat Ditolak di Aceh Besar

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Jenazah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 akhirnya dimakamkan di pemakaman umum Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Sebelumnya jenazah sempat akan dimakamkan di lahan miliki RSUZA di Gampong Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, namun dibatalkan karena adanya penolakan.

Pasien meninggal merupakan warga asal Binjai, Sumatera Utara yang baru tiba di Banda Aceh.
Dua personel Sat Intelkam Polresta Banda Aceh diterjunkan bersama petugas dari RSUZA Banda Aceh untuk memakamkan jenazah pasien corona, Rabu (17/6/2020) sore kemarin.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH dalam keterangannya mengatakan, pasien yang meninggal dunia merupakan warga Sumatera Utara yang baru tiba di Banda Aceh.

Dok Humas Polresta Banda Aceh

“Warga Binjai Sumatera Utara berinisial SU (63) tersebut sebelumnya dirawat di RS Pertamedika Banda Aceh, namun pada Rabu malam pasien tersebut dirujuk ke RSUZA Banda Aceh,” kata Kapolresta.

Dijelaskan Trisno, sebelumnya pasien melakukan perjalanan dari Binjai Sumut menuju Aceh Besar untuk mengantar cucunya yang sudah satu bulan tinggal bersamanya.

Pasien meninggal tersebut tiba di Aceh Besar pada hari Jumat, (12/6/2020).

“Saat tiba di Aceh Besar, pasien masih aktif bersama keluarganya, namun beberapa hari kemudian pasien mengeluh sakit yang di alaminya,” sebut Kapolresta.

Setelah dirawat di RS Pertamedika, pasien terlihat sudah lemah dan dirujuk ke RSUZA serta dirawat di RICU untuk penanganan medis.

Foto Dok Humas Polresta Banda Aceh

“Pasien masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk ke ruang RICU pada hari Selasa, (16/6/2020) sekitar jam 22.00 WIB,” tuturnya.

Mendapat kabar kondisi pasien meninggal dunia, Kasat Intelkam Polresta Banda Aceh Kompol Hyrowo, SIK melakukan koordinasi dan penggalangan terhadap pihak RSU ZA untuk prosesi pemakaman dilakukan sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19.

Awalnya pemakaman direncanakan dilakukan di kawasan Blang Bintang Aceh Besar. Namun karena penolakan, jenazah pasien akhirnya dimakamkan di RSUZA Banda Aceh.

“Pemakaman Jenazah Covid – 19 yang awal mulanya di rencanakan akan dimakamkan di lahan pemakaman milik RSUZA di Gampong Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar mendapat penolakan dari warga sehingga Kasat Intelkam kembali ke RSUZA Banda Aceh,” kata Kapolresta. (*)