Pelatihan Guru Pesantren Jadi Duta Pancasila di Aceh Barat Disambut Baik Oleh MPR RI

Para duta tersebut nantinya akan terus menggelorakan Pancasila di dalam seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bersama seluruh elemen bangsa
Bupati Aceh Barat H Ramli MS (kanan) menyambut kedatangan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah di pendapa bupati di Meulaboh, Aceh Barat, Ahad (20-3-2022) malam. (ANTARA,Teuku Dedi Iskandar)

ACEHSATU.COM | Meulaboh – Pelatihan guru pesantren jadi duta Pancasila di Aceh Barat disambut baik oleh MPR RI.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Ahmad Basarah menyambut baik kegiatan pendidikan dan pelatihan terhadap kalangan guru pesantren, pimpinan FKUB dan widiaiswara di Aceh Barat untuk dilatih dan di didik menjadi Duta Pancasila.

“Saya kira ini suatu kerjasama yang sangat baik untuk menunjukkan komitmen bersama, terutama Bupati Aceh Barat, yang memang menurut Undang-Undang Pemerintah Daerah itu berkomitmen menjaga kerukunan umat beragama,” kata Ahmad Basarah di Meulaboh, Aceh Barat, Ahad malam.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan pelatihan antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia di Aceh Barat, diharapkan akan semakin mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa diantara seluruh elemen masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk menegakkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ahmad Basarah mengaku datang ke Aceh Barat dalam rangka menghadiri sosialisasi dan pelatihan Pancasila dalam kehidupan masyarakat, khususnya untuk kalangan guru pesantren/dayah, pimpinan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Aceh Barat, dan kalangan widiaiswara.

Sebagai Wakil Ketua MPR RI yang membidangi koordinasi, sosialisasi empat pilar berbangsa bernegara, dirinya ikut bersama-sama untuk menggelorakan kehidupan berbangsa bernegara, berdasarkan prinsip-  prinsip bernegara yang sudah disepakati pemimpin bangsa.

Ahmad Basarah mengharapkan kegiatan pelatihan yang digelar oleh BPIP bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, nantinya dapat berjalan lancar, serta dapat membentuk duta-duta pancasila di Aceh Barat nantinya.

Sehingga para duta tersebut nantinya akan terus menggelorakan Pancasila di dalam seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bersama seluruh elemen bangsa.

Melalui kegiatan ini, ia juga mengharapkan terutama kepada seluruh umat Islam untuk terus bersama-sama, berkomitmen untuk terus menjaga prinsip-prinsip negara Pancasila di Tanah Air.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat H Ramli MS dalam pertemuan ini menyatakan terharu dan bangga atas kedatangan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, untuk membuka kegiatan pelatihan Pancasila bagi kalangan guru pesantren, tokoh FKUB, dan widiaiswara.

“Ini merupakan sebuah rahmat dari Allah SWT yang sangat saya syukuri, karena Aceh Barat telah dikenal sebagai daerah yang mempelopori lahirnya pendidikan Pancasila yang dimulai dari Aceh ke seluruh pelosok nusantara,” kata Ramli MS.

Melalui kegiatan ini, Ramli MS juga berharap akan semakin mengokohkan semangat masyarakat Aceh dalam mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan kokohnya pengamalan Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan, maka saya yakin akan semakin mengokohkan NKRI di masa depan,” tutur Ramli MS.