PATRANSIP Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni Kepada Janda Miskin Aceh Utara

Dirinya menceritakan bahwa kehidupan warga nya (Linawati) memang jauh dari kata mampu. Selain itu pihak desa juga sudah beberapa kali mengajukan permohonan baik kepada pemerintah maupun lembaga - lembaga sosial lainnya
PATRANSIP Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Kondisi rumah yang beratapkan daun Rumbia, berdinding tepas dan berlantaikan tanah yang berukuran 5 meter kali 5 meter itu kondisinya sudah sangat tidak layak untuk ditempati . Rumah yang dibangun mendiang suaminya sekitar 12 tahun lalu.

ACEHSATU.COM | Lhoksukon – PATRANSIP Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni Kepada Janda Miskin Aceh Utara. Keterbatasan ekonomi membuat kehidupan Linawati (36) dan anaknya Rahmazayani (15) jauh dari kata layak.

Bagaimana tidak Janda satu anak warga desa Cot Mane Kecamatan Baktiya Aceh Utara , terpaksa harus tinggal disebuah rumah yang sudah tidak layak ditempati selama kurang lebih 5 tahun lamanya.

Kondisi yang memprihatinkan ini sudah dialami pasca suaminya meninggal dunia sekitar 8 tahun lalu, rumah yang dibangun mendiang suaminya tersebut kini sudah dalam keadaan lapuk di makan usia.

Kondisi rumah yang beratapkan daun Rumbia, berdinding tepas dan berlantaikan tanah yang berukuran 5 meter kali 5 meter itu kondisinya sudah sangat tidak layak untuk ditempati . Rumah yang dibangun mendiang suaminya sekitar 12 tahun lalu.

Tidak hanya itu ketika musim hujan datang rumah yang ditempati nya harus terendam air kurang lebih setinggi 50 CM.

rumah Rahmazayani Anak Yatim dan Ibunya Linawati sebelum mendapat bantuan dari PATRANSIP

Posisi rumah yang berada di penghujung desa hingga jauh dari pantauan orang – orang.

Pasca meninggalnya sang suami Linawati terpaksa harus merawat anak semata wayangnya nya dan bekerja sebagai buruh cuci dan buruh tani untuk menghidupi sang anak dan bertahan hidup.

Kehidupan yang jauh dari kata layak tersebut membuat Paguyuban Anak Transmigrasi Sahabat Ilham Pangestu (PATRANSIP) Aceh Utara tersentuh hatinya untuk membantu membangun sebuah rumah layak huni agar sang Anak yatim dan janda tersebut bisa hidup nyaman dan tenang.

Kabar tersebut di dengar dan disampaikan oleh penggiat sosial Kecamatan Baktiya Salma dan juga pemerintah desa setempat kepada ketua PATRANSIP Aceh Utara Suherman .

Hingga membuat Suherman menargetkan rumah Linawati untuk dibedah pada bulan yang penuh berkah ini nyakni bulan ramadhan.

PATRANSIP Aceh Utara membangun rumah layak huni untuk keluarga Linawati dengan ukuran 6 meter kali enam meter.

Pada hari Kamis (21/04/2022) PATRANSIP Aceh Utara melakukan pembongkaran rumah Linawati dan membangun rumah yang layak huni untuk dengan sistem bedah rumah yang dikerjakan selama tiga hari.

Pekerjaan rumah yang dimulai pada tanggal 21 April dan selesai pada tanggal 24 April 2022.

Kini kondisi rumah pasca dilakukan pembangunan oleh PATRANSIP Aceh Utara sudah sangat layak untuk dihuni , dimana dinding nya diganti dengan papan dan atapnya diganti dengan seng.

Hingga disaat malam dan hujan turun Linawati dan anaknya tidak perlu was-was lagi untuk kebasahan.

Muhammad Hazral selaku Geuchik desa Cot Mane yang turut datang ke lokasi pembangunan rumah dan ikut membantu pengerjaan pembangunan rumah, bersama dengan tim PATRANSIP.

Dirinya menceritakan bahwa kehidupan warga nya (Linawati) memang jauh dari kata mampu. Selain itu pihak desa juga sudah beberapa kali mengajukan permohonan baik kepada pemerintah maupun lembaga – lembaga sosial lainnya

Namun belum ada yang tergerak hatinya untuk membantu. Sedangkan dari pihak pemerintah terkendala dengan persyaratan dimana usia Linawati belum termasuk dalam katagori penerima bantuan rumah layak huni, Terang Geuchik.

“Alhamdulillah setelah kami berjumpa dan menyampaikan kepada PATRANSIP di bawah kepemimpinan Bapak Suherman tergerak hati dan langsung melakukan pembangunan rumah layak huni untuk warga kami”.

Dan ini tidak luput juga dari pada bantuan buk salma yang sudah menyampaikan kepada pak Suherman tentang kondisi warga kami, Ucap Geuchik.

Sementara itu Linawati kepada Acehsatu.com menyampaikan ucapan terima kasih kepada PATRANSIP khususnya kepada Suherman yang telah membantu membangun rumah layak huni untuk dirinya dan anak semata wayangnya Rahmazayani.

Sambil mengusap matanya yang berkaca-kaca dirinya tidak menyangka akan mendapatkan bantuan rumah, bagaimana tidak dirinya sudah hidup dirumah yang jauh dari kata layak.

Sudah lima tahun dan belum ada bentuk perhatian apapun, namun tiba-tiba setelah ketua PATRANSIP turun dan meninjau langsung kehidupan nya dan langsung direspon.

Untuk Diketahui selama tahun 2022 PATRANSIP Aceh Utara sudah membangun 8 unit rumah layak huni untuk keluarga kurang mampu.