oleh

Pasien Meninggal Covid-19 Dimakamkan di Gampong Neuheun

Pasien Meninggal Covid-19 Dimakamkan di Gampong Neuheun

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Seorang warga gampong Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar berinsial Id (54) yang sebelumnya sempat dirawat di Ruang Pinere RSUZA Banda Aceh, dinyatakan meninggal dunia pada Selasa subuh (14/7/2020) sekira pukul 05.30 WIB.

Korban meninggal merupakan pasien dengan status positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh tim medis Balai Litbang Kesehatan Provinsi Aceh yang keluar Senin, (13/7/2020).

Sebelum meninggal pasien mengalami batuk pneumonia, sesak napas, serta mengalami deman selama enam hari. Pasien dilaporkan juga mempunyai riwayat diabetes.

Proses pemakaman jenazah yang berlokasi di gampong asalnya yaitu Neuheun, kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar turut melibatkan jajaran kepolisian.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kasat Intelkam Kompol Hyrowo, SIK dalam keterangannya mengatakan, pemakaman terhadap jenazah pasien Covid–19 dapat terlaksana setelah aparat melakukan mediasi dengan warga setempat agar tak menimbulkan penolakan.

Menurut Kasat Intelkam, warga gampong Neuhen telah memahami protokol prosesi pemulasaraan jenazah yang terpapar Covid 19.

“Sehingga tidak adanya permasalahan ataupun penolakan dari pihak gampong maupun masyarakat setempat, dikarenakan warga telah mengerti dengan sosialisasi yang sering disampaikan oleh para personel Kepolsian,” jelasnya.

Proses pemakaman jenazah Id dilakukan sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap.

Jenazah dimakamkaan di pemakaman keluarga oleh tim gugus tugas Kabupaten Aceh Besar dengan turut dibantu personel Sat Intelkam Polresta Banda Aceh, Personel Polsek Krueng Raya, Personel Koramil Krueng Raya dan warga gampong setempat. (*)

Indeks Berita