Pasien Covid-19 di Aceh Meningkat, Kadis Kesehatan Aceh Salahkan Warga tak Patuh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Peningkatan kasus positif corona yang terjadi di Provinsi Aceh dalam tiga pekan terakhir memperoleh sorotan khusus pihak Dinas Kesehatan Aceh. Warga yang tak patuh disebut sebagai penyebab utama dari meningkatnya kasus positif Covid-19.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif  menyatakan peningkatan kasus COVID-19 secara drastis dalam tiga pekan terakhir di Aceh akibat banyak masyarakat yang bepergian keluar daerah, dan tidak disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Dia juga menyebut dalam beberapa waktu terakhir ini banyak warga yang kembali ke Tanah Rencong dari luar daerah. Selain itu, masyarakat di daerah pun juga begitu longgar dalam mengantisipasi COVID-19.

“Masuk dari luar daerah dan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” ujar dr Hanif, menjawab penyebab meningkat kasus COVID-19 secara drastis seperti diberitakan Antara, Kamis (2/7/2020).

Sejak kasus perdana COVID-19 terdeteksi pada (23/3) lalu, hingga kini Aceh telah mencatat sebanyak 86 kasus warga positif terpapar virus corona.

Terdiri dari 31 orang telah dinyatakan sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 yang ada di Provinsi Aceh.

Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh tercatat paling banyak menangani pasien COVID-19, yaitu mencapai 54 pasien, di antaranya 25 orang telah sembuh, tiga orang meninggal, dan 26 orang masih dirawat. (*)