Pasca Positif Covid-19, Rumah dan Lingkungan Tepat Tinggal Pasien Disemprot Disinfektan

Laporan Jamil Gade

ACEHSATU.COM | LANGSA – Pasca diumumkannya salah satu warga Kota Langsa positif terjangkit virus corona, Pemerintah Kota (Pemko) Langsa langsung bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan di rumah dan lingkungan domisili pasien.

Gugus Percepatan Penangaan Covid-19 Kota Langsa pada Rabu, (1/7/2020) sekira pukul 16.00 WIB mengumumkan salah satu warga kecamatan Langsa Timur, Kota langsa positif mengidap Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Tak berselang lama atau sekira pukul 17.00 WIB, jajaran terkait di Pemko Langsa bersama Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dan unsur Muspika Kecamatan setempat langsung bergerak ke rumah pasien untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain di rumah, penyemprotan juga diperluas ke area lingkungan tempat tinggal pasien di salah satu gampong di Kecamatan Langsa Timur.

Penyemprotan dimaksud sebagai antisipasi potensi adanya virus termasuk penyebarannya di sekitar lingkungan tempat pasien beraktivitas.

Dalam kesmepatan itu, pihak Muspika dan Kepala Puskesmas Langsa Lama juga turut melakukan imbauan kepada keluarga yang terinfeksi Covid-19 agar mengisolasi diri selama 14 hari.

Selanjutnya, pihak Gugus juga berencana akan melakukan pemeriksaan kesehatan melalui rapid test terhadap seluruh anggota keluarga pasien yang telah dinyatakan positif terpapar Corona.

Wakil Wali Kota DR H Marzuki Hamid, MM dan Kepala Dinsos Kota Lagsa, Armia SP juga turun langsung ke lokasi menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga Korban Covid-19 selama isolasi mandiri.

Orang nomor dua di Kota Langsa itu juga menyemangati keluarga pasien dan warga untuk tidak panik dalam menghadapi covid 19 dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Selain dihadiri Wakil Walikota dan Kadinsos Langsa, kegiatan penyemprotan disinfektan turut diramaikan kehadiran Camat Langsa Timur, Hendry Soenandar SSTP Msi dan Kapolsek Langsa Timur, AKP Suparwanto, SH MH.

Hadir juga Danramil Langsa Timur Lettu INF Andry Hariono, Kepala Pukesmas Langsa Lama dr Mahlida Yani, beserta Tim Gugus Depan Covid-19 Kecamatan Langsa Timur. (*)