Pasangan Selingkuh yang Digerebek Warga Sukajadi Makmur Terancam Dicambuk

ACEHSATU.COM | LANGSA – Sepasang pelaku  perselingkuhan yang digerebek warga bersama perangkat Gampong Sukajadi Makmur Kecamatan Langsa Baro, Pemko Langsa terancam hukuman uqubat cambuk.

Keduanya yaitu SM (23) perempuan dan AS (33) pria diamankan pada Senin (6/7/2020) lalu. SM diketahui telah miliki suami, demikian pula sebaliknya AS juga telah beristeri.

“Jika terbukti ya, uqubat cambuk,” kata Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa, H Aji Asmanuddin, Sag, MA kepada ACEHSATU.COM, Kamis (9/7/2020).

Aksi perselingkuhan kedua terduga mesum itu tergolong nekad karena dilakukan pada siang hari.

Sebelumnya warga bersama perangkat Gampong Sukajadi Makmur Kecamatan Langsa Baro, melakukan pengintaian di rumah SM, Senin (6/7/2020).

Kemudian sekira pukul 14.00 WIB, warga melihat AS masuk ke dalam rumah SM.

Mengetahui targetnya masuk ke dalam rumah, kemudian warga langsung melakukan penggerebekan dan mengamankan pasangan nonmuhrim itu dari dalam rumah.

“Ketika dimintai keterangan oleh warga di tempat kejadian, pasangan tersebut mengakui sebelumnya pernah melakukan hubungan layaknya suami istri,” ujar Aji.

Namun Aji menyebut, saat penggerebekan oleh warga waktu itu, keduanya belum sempat melancarkan aksi mesum.

Oleh warga dan perangkat gampong menyerahkan pasangan tersebut ke kantor Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa. Selanjutnya diserahkan ke Polres Langsa untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Keduanya terancam dikenakan hukuman cambuk sesuai Qanun Aceh nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. (*)